Tercepat di Dunia!

Oleh: Syulianita (Editor) - 16 December 2020 | telah dibaca 384 kali

Naskah: Purnomo Foto: Istimewa 

Perkembangan teknologi tak akan pernah berhenti. Begitu juga perkembangan teknologi di dunia otomotif. Perkembangan teknologi memungkinkan produsen-produsen otomotif untuk membuat mobil yang makin canggih, aman, dan juga cepat. Nah, berbicara tentang kecepatan kendaraan roda empat, inilah mobil yang diklaim tercepat di dunia sekarang ini.

 

Bugatti Chiron

Dilihat dari body, penampilan Bugatti Chiron memang sudah tak diragukan lagi. Karena sudah pasti terlihat sangat sporty dan terkesan sangat mewah, apalagi Bugatti sudah membawakan bodi dengan material serat karbon. Sehingga bobot yang dihasilkan pada mobil yang satu ini hanya 1,995.8 kg. Untuk itu, sangat wajar saja bila mobil ini memiliki kecepatan yang sangat luar biasa.

Sedangkan, untuk ukuran dimensi dari mobil andalan Bugatti ini memang sangat pas sekali dengan semuanya. Berbekal panjang 4,544 mm, lebar 2,038 mm, tinggi 1,212 mm, dan jarak sumbu roda 2,711 mm. Ukuran dimensi tersebut merupakan ukuran dimensi yang sangat ideal sekali.

Beralih pada sektor dapur pacu yang dibawakan oleh Bugatti Chiron, pabrikan ternama yang satu ini sudah membekalinya dengan mesin bertipe Quad-turbocharged and intercooled DOHC 64-valve W-16, aluminum block and heads, port fuel injection. Pada tipe mesin tersebut dibekali dengan kapasitas mesin sebesar 7.993 cc, alhasil performa yang dihasilkan akan sangat power full. Tak heran bila mobil yang satu ini menjadi salah satu mobil tercepat di dunia karena performa mesin pada tipe tersebut mampu menghasilkan tenaga maximumnya 1500 hp pada putaran mesin 6700 rpm.

Sedangkan, untuk torsi maximumnya mampu mencapai 1180 lb-ft pada putaran mesin 2000 rpm dengan akselerasi 0-60 mph hanya 2,3 detik saja dan top speed yang diraih mencapai 261 mph (420 km/ jam). Untuk bagian belakangnya bertipe Carbon-composite with 15-inch rear rotors and 6-piston calipers, kedua sistem pengereman tersebut memiliki kinerja yang sangat bagus sekali. Sementara itu, untuk interiornya juga sangat wah, dengan dibalut bahan yang memiliki kualitas sangat bagus. Tentunya pengemudi akan merasa sangat nyaman sekali ketika mengendarai mobil yang satu ini.

 

Koenigsegg Agera RS

Koenigsegg, brand mobil asal Swedia, mungkin masih terdengar asing. Tapi, bila Anda tahu seperti apa mobil yang mereka ciptakan, tentu rasa kagum dan penasaran tercipta. Bagaimana tidak, Koenigsegg baru saja menciptakan kendaraan yang disebut-sebut sebagai mobil tercepat di dunia, mengalahkan Bugatti Veyron Super Sport.

Mobil yang dimaksud, Agera RS, memecahkan rekor dengan dikendarai di jalan raya tertutup di kawasan Nevada, Amerika Serikat oleh Niklas Lilja, test driver Koenigsegg. Perekaman waktu dan kecepatan, dilakukan menggunakan Racelogic.

Bahkan, untuk produk Koenigsegg Agera RS menjadi salah satu mobil tercepat di dunia untuk saat ini. Pada uji kecepatan yang dilakukan pada mobil yang satu ini di Amerika Serikat, Koenigsegg Agera RS mampu menemus kecepatan yang mencapai 447 km/jam dan diakui Guinness World Record. Mobil yang memiliki mesin konfigurasi V8 berkapasitas 8 liter ini mampu menghasilkan tenaga hingga 1.360 Hp denga torsi 1.371 Nm. Dengan meraih catatan tersebut, maka mobil ini sangat layak sekali menjadi salah satu mobil tercepat yang ada di dunia.

 

Hennessey Venom F5

Hennessey Performance Engineering sebelum disingkirkan oleh Bugatti Chiron Super Sport 300+ sempat berada di posisi teratas dalam daftar mobil tercepat, terutama dengan Venom F5-nya yang diklaim mencapai top speed 484 Km/jam. Venom F5 menggunakan sasis serat karbon dan ditenagai oleh mesin 8 silinder V8 dengan kapasitas 7400 CC, serta twin-turbocharged untuk 1.600 horse power.

Venom F5 dilaporkan bisa berlari dari 0 hingga 400 Km/jam dan kembali ke 0 lagi dalam waktu kurang dari 30 detik. Tenaga untuk mencapai kecepatan tertinggi yang memikat ini berasal dari mesin V8 twin-turbocharged yang menghasilkan lebih dari 1600bhp. Hennessey bertujuan agar F5, yang dinamai badai terkuat pada skala Fujita, menjadi mobil jalan raya tercepat yang pernah dibuat.

Dengan berat 1338kg, yang tidak lebih dari Ford Fiesta, Venom menggunakan serat karbon untuk keseluruhan bodi yang dioptimalkan secara aerodinamis, yang memiliki koefisien hambatan 0,33. Tidak seperti model sebelumnya, yang didasarkan pada Lotus Exige, Hennessey telah mengembangkan dan membangun mobil terbaru ini secara in- house, termasuk mesin, sasis, dan bodi. Sebuah paddle-shift, gearbox tujuh kecepatan kopling tunggal digunakan, dan mobil ini menggunakan penggerak roda belakang.

Tidak ada waktu 0-62mph yang terungkap, tetapi 0-186mph (300kph) akan datang dalam waktu kurang dari 10sec, dan perusahaan berencana untuk memecahkan rekor 0-400kph-0 dengan nyaman, memprediksi waktu di bawah 30sec. Ini berarti menghancurkan waktu Bugatti di bawah 42 detik, dan rekor Koenigsegg 36.44 detik. Hanya 24 unit yang akan dibuat. Harga satu unitnya USD1,6 Juta atau setara Rp25,7 miliar.

 

Bugatti Bolide

Bugatti Bolide yang menyemburkan daya 1.824 Hp menjadi mobil tercepat Bugatti. Bolide diambil berdasarkan bahasa gaul Prancis yang berarti ‘mobil yang sangat cepat’.

Bugatti Bolide dikenal sebagai mobil konsep yang dirancang untuk trek balap, bukan di jalanan umum. Bolide dibekali mesin besar 8.000 cc 16 silinder quad-turbo yang juga dipakai Bugatti Chiron, tetapi sudah melewati sentuhan modifikasi. Konstruksi mobil dibangun menjadi super ringan dan dapat mencapai kecepatan maksimal lebih dari 300 mil per jam atau 482 km per jam. Didesain untuk aerodinamika yang optimal, Bolide memiliki tinggi tiga kaki atau sekitar 91 meter. Mobil ini sekitar satu kaki atau 30 cm lebih pendek dari Chiron.

Dalam mendesain Bolide, Bugatti memerhatikan pada pengurangan bobot dan peningkatan aerodinamika. Air scoop-nya dikaim mengurangi daya angkat aerodinamis hingga 17 persen. Bolide memiliki berat lebih dari 2.700 pound atau 1,2 ton, jauh lebih ringan dibandingkan Chiron dengan berat 4.400 pound atau 1,9 ton.

Konstruksi desain Bolide adalah kesempatan untuk mencoba teknik baru dengan tujuan mengurangi berat badan dan meningkatkan kinerja. Misalnya, turbocharger yang dipasang pada mesin dirancang khusus untuk menghasilkan lebih banyak tenaga pada kecepatan tinggi. Sistem pelumasan Bugatti didesain ulang untuk menghadapi gaya menikung yang sangat tinggi yang dapat menyebabkan oli menjauh dari tempat yang diperlukan.

SSC Tuatara

SSC Tuatara, mobil produksi dari pabrikan SSC North America ini, diklaim menjadi mobil tercepat. Mobil ini mampu melaju hingga kecepatan di atas 500 km/jam. SSC Tuatara melakukan tes sebanyak dua kali. Pada pengujian pertama, mobil tersebut mencapai kecepatan 484,5 km/jam. Sedangkan, tes kedua jauh lebih tinggi, yakni 532,93 km/jam.

Rata-rata kecepatan mobil berada di angka 508,73 km/jam. Saat pengujian, mobil ini dinakhodai oleh salah satu pembalap yang cukup terkenal, Oliver Web. Ia mengatakan, mobil ini bisa lebih cepat lagi jika angin tidak terlalu kencang.

Berbicara soal dapur pacu, mobil ini dibekali mesin V8 flat-plane berkapasitas 5.900 cc. Dengan mesin tersebut, mobil ini mampu memuntahkan tenaga hingga 1.750 dk dengan torsi 1.735 Nm. Bobot mobil yang terbuat dari carbon fiber ini 1.247 kg yang diklaim kurang lebih setara Honda Civic Sedan. Hypercar ini punya angka koefisien hambat udara 0,279 Cd, downforce 37% (depan), dan 63 % (belakang) selama melaju di 241,4–531 kpj (150-330 mph).

Sayangnya, SSC Tuatara hanya akan diproduksi sebanyak 100 unit. Harga dibanderol mulai dari USD1,625 juta atau sekitar Rp23,9 miliar. Puncaknya mencapai USD1,9 juta (Rp28 miliar) tentunya dibedakan dari opsional aksesori seperti paket High Downforce Track Pack.