Peninggalan Nabi yang Fenomenal

Oleh: Syulianita (Editor) - 02 July 2020 | telah dibaca 224 kali

Naskah: Gia Putri Foto: Istimewa

Keberadaan para Nabi pada zaman dahulu bisa ditelusuri melalui kitab-kitab yang memaparkan beragam kisah kehidupannya. Selain itu, bisa melacak benda-benda peninggalannya yang masih ada hingga saat ini, seperti tujuh peninggalan Nabi berikut ini yang menggemparkan dunia, bahkan menjadi incaran para arkeolog.

Kapal Nabi Nuh AS

Kelompok peneliti dari China yang tergabung dalam Noah’s Ark Ministries International mengumumkan pada April 2010 mereka telah menemukan sisa- sisa perahu Nabi Nuh AS yang berada di ketinggian 4.000 mdpl di Gunung Agri atau Gunung Ararat di Turki bagian timur.

Para peneliti ini pun berhasil masuk ke dalam perahu tersebut dan mengabadikan foto dari beberapa spesimen. Setelah diteliti, spesimen yang mereka ambil berusia 4.800 tahun dan hal itu sangat cocok dengan apa yang digambarkan dalam sejarah. Para peneliti yang berjumlah 15 orang ini juga memamerkan sejumlah fosil kapal yang diduga berasal dari kapal Nabi Nuh AS, seperti tambang, paku, dan pecahan kayu.

Istana Nabi Daud AS

Arkeolog asal Hebrew University, Yerusalem, Israel mengklaim dirinya telah menemukan dua bangunan besar yang pernah ditinggali oleh seorang raja. Bangunan tersebut merupakan istana dari Raja Daud (Nabi Daud AS) sebagaimana yang telah dikisahkan dalam sejumlah kitab suci, seperti Al-Qur’an dan Alkitab.

Penemuan tersebut telah melalui proses yang sangat panjang. Hampir setahun lamamya arkeolog tersebut menggali sebuah situs yang diyakini sebagai Benteng Kota Yudea di Shaarayim, yakni sebuah tempat di mana Nabi Daud AS mengalahkan prajurit tangguh Raja Goliat dan akhirnya Nabi Daud AS pun mengalahkannya hanya dengan sebuah ketapel.

Tabut Perjanjian Nabi Musa AS

Allah SWT telah mengutus Nabi Musa AS ke langit ke-tujuh dan ketika Nabi Musa AS kembali beliau membawa tabut perjanjian untuk para umatnya saat itu. Pada 1982, Ron Wyatt yang berprofesi sebagai arkeolog mengaku pernah menemukan tabut tersebut di Goa Yeremia Israel, Ron Wyatt mengaku banyak mengalami kejadian supranatural pada saat menemukan tabut tersebut. Ia dan anggotanya mengaku tidak berani membuka tabut tersebut.

 

Penemuan Bagian Kereta Raja Firaun di Laut Merah

Dalam kisahnya, dijelaskan bahwa Nabi Musa AS pernah dikejar oleh bala tentara Firaun sampai ke Laut Merah dan atas pertolongan Tuhan, maka dengan tongkatnya Nabi Musa AS mampu membelah lautan dan juga melenyapkan tentara Firaun dalam sekejap.

Pada Tahun 1998 silam, seorang arkeolog bernama Ron Wyatt mengklaim dirinya telah menemukan beberapa bangkai roda kereta tempur kuno di desa Laut Merah yang diduga roda kereta tersebut adalah milik Firaun. Selain menemukan bangkai roda kereta tempur, Wyatt bersama beberapa tim peneliti juga menemukan beberapa tulang manusia dan tulang kuda di tempat yang sama.

Penemuan lainnya yang didapat Wyatt adalah poros roda dari salah satu kereta kuda yang telah tertutup batu karang dan juga roda dengan empat buah jeruji yang terbuat dari emas. Beberapa temuan ini semakin memperkuat dugaan bahwa sisa-sisa kerangka tersebut merupakan bagian dari kerangka kereta tempur bala tentara Firaun yang tenggelam di Laut Merah.

Kitab Injil Barnabas

Pada tahun 2013 umat kristen dihebohkan dengan penemuan Kitab Injil Barnabas yang selama ini di rahasiakan oleh Turki. Injil Barnabas diperkirakan berumur 1500 tahun dan memakai bahasa aramik, yakni bahasa yang diyakini digunakan untuk berkomunikasi pada zaman Nabi Isa AS. Barnabas sendiri adalah murid pertama Nabi Isa AS. Pihak Vatikan sendiri ingin melihat injil tersebut yang sekarang sedang diteliti oleh gereja di Turki.

Situs Peninggalan Nabi Ibrahim AS

Tim Arkeolog asal Inggris mengungkap sebuah temuan yang diyakini sebagai peninggalan Nabi Ibrahim AS. Temuan ini diperkirakan berusia 4.000 tahun dan dianggap sebagai pusat administratif untuk masyarakat sewaktu Nabi Ibrahim AS tinggal di kota tersebut sebelum akhirnya meninggalkan Kan’an. Dengan adanya temuan ini diharapkan akan ada tambahan pemahaman modern tentang terbentuknnya negara pertama di dunia.

Candi Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman AS

Salah satu peninggalan para nabi yang menggemparkan arkeolog adalah Candi Borobudur yang diyakini sebagai peninggalan Nabi Sulaiman AS yang diberikan keistimewaan dengan kemampuannya menaklukkan seluruh makhluk ciptaan Allah swt, termasuk angin yang tunduk di bawah kekuasaannya atas izin Allah SWT. Serta burung dan jin selalu mematuhi perintahnya. Banyak ulama dan ahli arkeolog mengatakan bahwa Candi Borobudur ada ketika zaman Nabi Sulaiman AS, meskipun sampai sekarang masih diperdebatkan oleh sebagian ulama dan arkeolog lainnya.