Obsession Awards 2020; Best Bureaucrat

Oleh: Syulianita (Editor) - 01 April 2020 | telah dibaca 679 kali

 

Ego Syahrial

Sekjen Kementerian ESDM

Naskah: Arief Sofiyanto Foto: Istimewa

 

Sibuk mendorong karier dan kinerja pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sekjen Kementerian ESDM Ego Syahrial mengantarkan Kementerian ESDM kembali menerima penghargaan atas kinerja terbaiknya.

 

Kali ini catatan prestasi ditorehkan atas Perencanaan Kebutuhan, Pelayanan Pengadaan, Kepangkatan dan Pensiun terbaik Tingkat Kementerian yang disampaikan dalam “BKN Awards 2019” dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang diselenggarakan dalam rangkaian Rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian di Yogyakarta pada akhir September 2019 lalu.

 

Penghargaan ini, menurutnya, menunjukkan upaya terus menerus dari pengelola Sumber Daya Manusia (SDM) dalam meningkatkan layanan kepegawaian di Kementerian ESDM. Ego berharap raihan penghargaan ini dapat menjadi motivasi kepada para pengelola kepegawaian unit untuk memberikan pelayanan administrasi kepegawaian lebih baik lagi.

 

BKN memberikan penghargaan BKN Award kepada Kementerian ESDM karena kinerja positif atas Perencanaan Kebutuhan, Pelayanan Pengadaan, Kepangkatan dan Pensiun terbaik Tingkat Kementerian. BKN Awards adalah penghargaan yang diberikan kepada instansi dengan kategori tunggal sebagai pengelola kepegawaian terbaik dengan indikator memenuhi seluruh 7 (tujuh) kriteria, yang meliputi perencanaan formasi; pelayanan pengadaan, kepangkatan dan pensiun; implementasi Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK); implementasi Computer Assisted Test (CAT); penilaian kompetensi, penilaian kinerja, dan komitmen pengawasan.

 

Sementara untuk BKN Award 2019, 7 (tujuh) kriteria tersebut dibagi ke dalam 5 (lima) bagian, di antaranya Perencanaan Formasi & Pelayanan Pengadaan, Kepangkatan, dan Pensiun, Implementasi SAPK & Pemanfaatan CAT, Penilaian Kompetensi, Implementasi Penilaian Kinerja, dan Komitmen Pengawasan. Catatan manis juga ditorehkan Kementerian ESDM yang didaulat sebagai Pengelola Media Sosial Terbaik Pertama untuk seluruh Kementerian dan Lembaga Legislatif pada ajang Indonesia Digital Initiative Award 2019. “Kami fokus mengelola informasi dan publikasi program Kementerian ESDM melalui platform media sosial sejak awal tahun 2019. Prestasi ini tak lebih berkat bimbingan teman-teman Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang membawahi komunikasi dan terutama seluruh pegawai Kementerian ESDM dalam memberikan inovasi pelayanan yang berkualitas berbasis digital,” ungkap Ego Syahrial.

 

Menurutnya, agar informasi media sosial dilirik oleh anak muda, inovasi dan kreativitas menjadi kunci penting dalam pengelolaan media sosial Kementerian ESDM. Peran media sosial pada revolusi industri 4.0 dinilai sangat penting dalam menyelaraskan kebijakan energi dan mineral bagi publik. “Generasi milenial lebih memilih mencari informasi di medsos, ini harus dimanfaatkan secara optimal demi menyebarluaskan informasi dan pemahaman tentang Energi Berkeadilan,” kata Ego.

 

Indonesia Digital Innovation Award 2019 merupakan ajang apresiasi tahunan yang diberikan kepada kementerian dan lembaga legislatif yang melakukan inovasi teknologi informasi untuk mendorong terlaksananya good governance, keterbukaan informasi dan pelayanan publik yang baik. Khusus untuk kategori media sosial, penilaian meliputi brand image yang menjadi dasar dalam membangun citra instansi yang positif, konten informasi yang terkini dan kekinian, serta kecepatan atas merespon pelayanan publik/netizen.

  

Penilaian Kinerja, dan Komitmen Pengawasan. Catatan manis juga ditorehkan Kementerian ESDM yang didaulat sebagai Pengelola Media Sosial Terbaik Pertama untuk seluruh Kementerian dan Lembaga Legislatif pada ajang Indonesia Digital Initiative Award 2019. “Kami fokus mengelola informasi dan publikasi program Kementerian ESDM melalui platform media sosial sejak awal tahun 2019. Prestasi ini tak lebih berkat bimbingan teman-teman Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang membawahi komunikasi dan terutama seluruh pegawai Kementerian ESDM dalam memberikan inovasi pelayanan yang berkualitas berbasis digital,” ungkap Ego Syahrial. 

 

Menurutnya, agar informasi media sosial dilirik oleh anak muda, inovasi dan kreativitas menjadi kunci penting dalam pengelolaan media sosial Kementerian ESDM. Peran media sosial pada revolusi industri 4.0 dinilai sangat penting dalam menyelaraskan kebijakan energi dan mineral bagi publik. “Generasi milenial lebih memilih mencari informasi di medsos, ini harus dimanfaatkan secara optimal demi menyebarluaskan informasi dan pemahaman tentang Energi Berkeadilan,” kata Ego.

 

Indonesia Digital Innovation Award 2019 merupakan ajang apresiasi tahunan yang diberikan kepada kementerian dan lembaga legislatif yang melakukan inovasi teknologi informasi untuk mendorong terlaksananya good governance, keterbukaan informasi dan pelayanan publik yang baik. Khusus untuk kategori media sosial, penilaian meliputi brand image yang menjadi dasar dalam membangun citra instansi yang positif, konten informasi yang terkini dan kekinian, serta kecepatan atas merespon pelayanan publik/netizen.