All New Corolla Altis, Sedan Legendaris Dunia

Oleh: Syulianita (Editor) - 25 September 2019

Sejak generasi pertama diluncurkan pada 1966, Toyota Corolla berhasil tampil sebagai salah satu kendaraan popular di pasar dunia. Dalam semangat Corollaness, Toyota mengembangkan mobil ini sebagai mobil yang berkualitas tinggi, tangguh, dan prestisius. Konsep pengembangan ini terus dipertahankan dari waktu ke waktu oleh Toyota dan berhasil menjadikan Corolla sebagai mobil legendaris yang menjadi pilihan masyarakat di seluruh dunia.

Dari data yang dihimpun, total penjualan Corolla dari generasi pertama sampai 2019 sudah mencapai lebih dari 47,6 juta unit, di lebih dari 150 negara. Di Indonesia, Corolla hadir sejak 1972 dengan total penjualan sampai saat ini sudah mencapai lebih dari 147 ribu unit. Seiring dengan berbagai kemajuan teknologi dan kebutuhan pelanggan, tanpa meninggalkan DNA Corolla yang sudah terbentuk sejak generasi pertama, pengembangan Corolla generasi ke-12 ini diperkuat dengan 4 pilar utama atau disebut Blooming Corolla yang makin menegaskan karakter mobil ini, yaitu styling, driving performance, safety, dan electrification. All New Corolla Altis sebagai kendaraan yang mengedepankan karakter emotional styling terlihat pada konsep eksterior yang disebut Modern Prestige.

 

Garis desain eksterior All New Corolla Altis  menonjolkan gaya yang lebih berwibawa, namun tetap halus. Didukung penggunaan platform Toyota New Global Architecture (TNGA), dimensi kendaraan ini tampak lebih luas dan lebih rendah sehingga menonjolkan stabilitas yang kuat. Untuk sisi interior, kabin didesain lebih luas sehingga tidak hanya terasa lapang tapi juga lebih bersih, layaknya kendaraan premium. Ventilasi udara mobil ini juga lebih memastikan kenyamanan bagi pengemudi maupun penumpang selama dalam perjalanan.

 

Penggunaan platform TNGA membuat performa driving pada All New Corolla Altis jauh lebih mengesankan. Dengan center of gravity lebih rendah 20 mm dibandingkan generasi sebelumnya, All New Corolla Altis kini jauh lebih stabil. Penggunaan platform TNGA dalam rancangan struktur, membuat dimensi kendaraan ini tampak lebih kokoh dengan panjang 4.630 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.435 mm. Menggunakan double wishbone pada suspensi belakang yang sebelumnya menggunakan torsion beam, All New Corolla Altis makin memberikan stabilitas dan kenyamanan pengendaraan yang sangat  baik, serta meningkatkan kapasitas kompartemen bagasi. Untuk menunjang faktor keselamatan, All New Corolla Altis dilengkapi 7 (tujuh) airbags dan fitur Blind Spot Monitor pada varian 1.8 V dan HEV. 

 

Khusus untuk varian HEV, juga dilengkapi dengan Rear Cross Traffic Alert (RCTA) dan generasi terbaru dari Toyota Safety Sense (TSS). Didukung karakter Corolla sebagai kendaraan  yang nyaman dan prestisius, kehadiran All New Corolla Altis akan mampu memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan sejalan dengan semangat Toyota mewujudkan Ever Better Cars. PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara resmi meluncurkan All New Corolla Altis di Indonesia pada Kamis, 12 September 2019 lalu di Jakarta. Mengaspalnya All New Corolla Altis di pasar otomotif Indonesia, menunjukkan bahwa Toyota semakin menegaskan dukungan sepenuhnya kepada Pemerintah Indonesia dalam rangka akselerasi pengembangan kendaraan elektrifikasi dengan menghadirkan model mobil elektrifikasi yang lengkap. Setidaknya itu yang dikatakan President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Yoshihiro Nakata dalam kata sambutannya. 

All New Corolla Altis HEV

All New Corolla Altis dengan varian teknologi HEV generasi terbaru adalah pilar yang semakin memperkuat kehadiran mobil ini. Penggunaan motor listrik P610 HEV transaxle dengan power 72 PS atau setara dengan Hybrid 4-cylinder yang dikombinasikan dengan mesin 2ZR-FXE tak hanya membuat mobil ini mampu mewujudkan kenikmatan berkendara yang melebihi ekspektasi pengemudinya, tapi juga makin memperkuat karakternya sebagai kendaraan ramah lingkungan. All New Corolla Altis HEV juga merupakan model pertamaToyota di Indonesia dengan fitur-fitur keselamatan yang lengkap dan canggih dari TSS, yaitu Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), serta Automatic High Beam (AHB). Berdasarkan kemajuan teknologi saat ini, TSS adalah platform terbaru Toyota dalam menghadirkan fitur-fitur keselamatan berkendara dengan level tertinggi bagi pengembangan produk-produknya ke depan.

 

Untuk semakin mewujudkan fun to drive dan kenyamanan berkendara yang semakin kental, pada All New Corolla Altis HEV juga disematkan multi media system yang dilengkapi dengan 8” head unit display yang terintegrasi dengan sistem monitor hybrid, Bluetooth dan wifi, Apple car play, Smart Device Link (SDL), dan miracast. Multi media system yang disematkan pada All New Corolla Altis HEV tak hanya mendukung fitur-fitur entertainment, tapi juga untuk operasional fungsi-fungsi lainnya, seperti door lock, sistem AC, dan lainnya. All New Corolla Altis HEV sengaja dihadirkan untuk mewujudkan pengalaman berkendara mobil HEV yang aman dan nyaman melebihi ekspektasi pengemudi  dan penumpangnya. (Purnomo)