Skechers Performance Runners

Oleh: Iqbal Ramdani () - 01 October 2018

Naskah: Giattri Foto: Edwin B.

Skechers Performance Runners (SPR) adalah wadah bagi pecinta brand Skechers. Menariknya, komunitas ini didukung penuh pihak distributor Skechers Indonesia, yakni PT MAA. Sehingga, dalam berkegiatan para anggotanya tidak dipungut biaya sama sekali, bahkan mendapat benefit menguntungkan lainnya.

 

Ketua SPR Santih Gunawan, menuturkan, SPR berdiri pada Januari 2017 lalu, setelah dirinya mengikuti ajang Skechers Performance Los Angeles Marathon dan terpilih menjadi Brand Ambassador Skechers Performance Indonesia. “Banyak pelari, khususnya yang menyukai sepatu lari baik di road atau trail dengan brand Skechers Performance. Sehingga, tercetuslah ide untuk membidani Skechers Performance Runners,” ungkap Santih. Hingga saat ini, komunitas yang mengusung tagline #golikeneverbefore tersebut sudah memiliki sekitar 400-an anggota yang tercatat di Facebook closed group fanpage.

 

“Dari beragam latar belakang mulai dari mahasiswa, karyawan, pengusaha, hingga ibu rumah tangga,” imbuh Santih. Lebih lanjut perempuan yang kerap memenangkan perlombaan lari tersebut menuturkan, syarat menjadi anggota SPR tidaklah sulit, yang terpenting memiliki komitmen berlatih saja. “Dengan adanya pelatih berarti harus siap dilatih serius agar terhindar dari cidera serta bisa berlari dengan baik dan benar yang nantinya akan membawa performa maksimal saat mengikuti perlombaan,” terang Santih.

 

Adapun agenda rutin yang digelar SPR adalah latihan setiap Rabu malam pukul 19.00 SWNT (SPR Wednesday Night Training) dan Jumat pagi Pukul 06.00 SFMT (SPR Friday Morning Training. “Serta latihan long run bersama atau ikut lomba lari hari minggu pagi,” tambah penyuka sport apparel and shoes berwarna pink dan hijau spotlight itu. Sementara agenda tahunan adalah perayaan SPR Anniversary, yakni lari bersama terkait dengan festive season, misalnya Lunar New Year Run, Xmas Run, Valentine Run, Happy Trail Run, dan Coaching Clinic. Santih mengisahkan, banyak pengalaman menarik dan menginspirasi yang ia alami bersama SPR, antara lain setahun ini berlari dalam thematic dan marathon picnic. “Mengikuti lomba di luar kota akan sangat berkesan karena menjadi lebih tahu dan kenal karakter masing-anggota. Kami bisa jalan bareng, lari bareng, hingga menunggu temanteman finish,” tutur Santih. 

 

Soal prestasi? Jangan ditanya, banyak anggota SPR yang kerap meraih podium di beberapa perlombaan lari. “Mencetak personal record yang lebih baik dan kami pernah meraih juara 2 dalam community challenge di Jogja Marathon serta Top 5 Potential Winner di Asics Relay race,” urai Santih. Selaku ketua, Santih berharap SPR bisa tetap eksis menularkan gaya hidup sehat dengan tetap aktif beraktivitas olahraga. “Tidak hanya lari, tapi olahraga apapun dengan inovasi terus-menerus dari Brand Skechers Performance supaya tetap dapat mendukung performa para atlet dan pemakainya,” ungkapnya. Tak lupa menutup pembicaraan, Santih.

 

Membagikan tips bagi pelari pemula, yakni penting untuk tahu bagaimana berlari dengan benar, mengikuti program latihan, dan nutrisi, serta menggunakan sports apparel yang nyaman. Sehingga, dapat menunjang performanya. “Berlatih dengan menggunakan pelatih dan mencari tahu informasi yang tepat terkait sports apparel itu sangat penting. Jangan tergiur dengan brand ternama yang harganya mahal karena belum tentu cocok,” pungkas Santih.