Cars Theme Watches

Oleh: content (Administrator) - 01 March 2013
Naskah: Andi Nursaiful  Foto: Dok. MO
Artikel ini dimuat pada edisi 110, Maret 2013

Meski sepintas tidak saling berhubungan, mobil balap dan jam tangan sesungguhnya memiliki ‘ikatan batin’ yang kuat. Sejak awal abad ke-20, para produsen jam tangan terkemuka dunia sudah berkolaborasi dengan pabrikan otomotif terkemuka untuk mendesain dan memproduksi jam tangan edisi terbatas.

Bahkan, hampir setiap pabrikan otomotif terkenal, memiliki produk jam tangan dengan brand sendiri. Baik dengan berkolaborasi dengan produsen jam, maupun dengan memproduksi sendiri. Sebaliknya, tak sedikit produsen jam tangan yang mendesain produk terbatas yang ditujukan sebagai tribute atau penghormatan terhadap dunia otomotif, baik itu mobil legendaris, ajang balap populer, sirkuit terkenal, hingga pembalap legendaris.

MG 1950 TD
Terinspirasi dari mobil klasik tahun 1950-an, MG TD, produsen jam terkemuka MeisterSinger menciptakan sebuah jam tangan mewah MG Watch. Grille radiator MG TD tahun 1950 mewujud dalam jam yang diproduksi sangat terbatas ini. Material yang digunakan tergolong mahal, seperti, case dari bahan stainless-steel, sabuk jam dari bahan kulit kuda, serta kaca mineral yang diperkuat.

Mekanisme jamnya sendiri menggunakan standar jam mewah Swiss. Ada tiga  kombinasi model yang ditawarkan, yakni: Abingdon,  Cecil Kimber, dan Cream Cracker. Jam tangan mewah yang hanya dibuat sebanyak 100 unit per tahun, ini, dibanderol seharga £1405, atau sekitar USD2,200.