President Director TAM Yoshihiro Nakata Raih Anugerah Best Achiever In CEO Private Sector

Oleh: Syulianita (Editor) - 02 April 2018

 

 

President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Yoshihiro Nakata kembali mendapat apresiasi atas kepemimpinannya yang dinilai sukses membawa TAM sebagai perusahaan agen pemegang merk (APM) Toyota di Indonesia yang mampu menunjukkan kinerja dalam mempertahankan posisinya sebagai market leader selama 2017 lalu.

 

Hasil survei yang dilakukan Obsession Media Group bekerjasama dengan Indonesia Research and Survey (IReS) dan Citra Marketing Communications (Cmarcomm), loyalitas dan dedikasinya yang tinggi terhadap perusahaan menghantarkan Nakata menyandang predikat sebagai individual achievers dan berhak menerima anugerah "Obsession Award 2018"  untuk kategori Best Achiever In CEO Private Sector.

 

“Terima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada saya untuk menerima anugerah Obsession Award 2018 untuk kategori Best Achiever In CEO Private Sector. Penghargaan ini bukan hanya ditujukan semata untuk saya secara pribadi, tetapi juga untuk tim Toyota Indonesia di PT Toyota-Astra Motor yang telah bekerja keras bersama-sama memperlihatkan kinerja terbaiknya  untuk meraih hasil yang lebih baik di tengah kian dinamis dan ketatnya kompetisi pasar otomotif Indonesia saat ini,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Yoshihiro Nakata.

 

Sepanjang 2017 lalu meski kondisi industri otomotif terbilang cukup menantang mengingat pasar agak stagnan karena terpengaruh daya beli masyarakat, TAM berhasil mempertahankan posisinya sebagai market leader dan membukukan penjualan sebanyak 371.332 unit dengan perolehan market share lebih dari 34%. Untuk menggerakan pasar dan memenuhi kebutuhan pelanggan, PT Toyota-Astra Motor di bawah kepemimpinan Nakata senantiasa berupaya meningkatkan kinerja penjualan pasar otomotif dalam negeri melalui peluncuran produk baru dan layanan yang semakin memudahkan pelanggan.

 

Salah satu produk baru yang diluncurkan TAM pada 2017 lalu adalah Toyota New Rush. Kehadiran generasi kedua dari medium SUV Toyota ini mendapat respon positif dari pasar dan permintaannya terus meningkat. Hingga akhir Februari 2018 lalu, angka Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) New Rush telah mencapai lebih dari 20.000 unit. Catatan penjualannya selama Januari-Februari 2018  yang sudah mencapai 6.991 unit  menjadikan New Rush menjadi pemimpin pasar di segmen medium MPV dengan pangsa pasar sebesar 39%.

 

"Sebagai market leader pasar otomotif nasional, PT Toyota-Astra Motor menghadapi tantangan yang tidak ringan bukan hanya dalam menghadapi persaingan dengan munculnya produk-produk baru dari brand-brand lainnya, tapi juga dalam menggerakkan pasar. Dengan posisi Toyota sebagai market leader, kinerja PT Toyota-Astra Motor memberi pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pasar otomotif nasional secara keseluruhan," kata Nakata.

 

Sejalan dengan semangat Let's Go Beyond, TAM di bawah kepemimpinan Nakata juga terus senantiasa melakukan improvement untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan dan dinamikan industri otomotif Indonesia agar terus berkembang. Tak hanya di sisi produk, teknologi, dan layanan, improvement yang dilakukan TAM juga menyentuh berbagai kegiatan sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR).

 

Tak heran Yoshiro Nakata yang mulai menjabat sebagai President Director TAM sejak 2016,  pada tahun lalu juga sukses meraih penilaian tertinggi dalam ajang Indonesia Most Admired CEO Award 2017 sebagai salah seorang CEO terbaik untuk bidang industri otomotif. Bahkan di tahun yang sama, Nakata yang  pernah menempati posisi sebagai Executive Coordinator, Sales Department Manager Planning & Customer Relation Division TAM periode 2006-2009 sebelumnya juga berhasil meraih 2 penghargaan  dalam ajang Indonesia Best Foreign CEO Award 2017, yaitu sebagai Best Foreign CEO In Enviromental Issue dan  Top 5 Foreign CEO Industrial Automotive Sector.