Korean Gold Painting

Oleh: Giatri (Editor) - 24 January 2018

Naskah: Giattri F.P.

Berangkat dari hobi dan kesadaran untuk mengangkat dunia seni Indonesia, membuat kolektor seni Jimmy Sutopo tergerak untuk membuat galeri art bertaraf internasional. Gallery Artpreneur Centre (GAC) miliknya baru-baru ini menghadirkan pelukis terkenal asal korea Kim Il Tae. Sang pelukis merupakan satu-satunya pelukis di dunia yang melukis dengan emas murni 24 karat.

Saat ditanya kenapa memilih pelukis emas ini, Jimmy menjawab karena masyarakat Indonesia cinta emas dan dari dahulu paling senang berinvestasi dalam bentuk emas. “Memiliki lukisan Kim Il Tae ini tidak ubahnya seperti kita berinvestasi di emas, selain karena terbuat dari bahan emas murni seperti emas batangan tetapi emas ini juga bisa dipajang dan dinikmati sebagai karya seni,” terang Jimmy.

Sebelum dipamerkan di GAC, lukisan Kim Il Tae telah dipamerkan di galeri seni kontemporer terbaik dunia, Galeri Sachi London. Dan telah dikoleksi oleh tokoh-tokoh dunia seperti Bill Gates, Oprah Winfrey, CEO Google Eric Schmidt, Madona dan keluarga Kerajaan Inggris adalah deretan nama-nama beken pemilik lukisan emas tersebut.

Untuk di Indonesia sendiri, sebanyak 22 karya gold painting dipamerkan di GAC dan secara jamak lukisan Kim terinspirasi dari alam dan kehidupan rakyat di negeri ginseng itu. Hal ini terlihat pada motif lukisan bunga matahari, naga, kuda serta kehidupan rakyat Korea tradisional yang kerap ditampilkannya. Publik kerap menyebutnya sebagai Korean Gold Painting.

Pameran karya Kim Il Tae ini menjadi yang pertama kali buat GAC dalam memamerkan karya di luar pelukis Indonesia.

Sebelumnya GAC selalu menampilkan karya-karya seni pelukis Tanah Air, baik yang masterpiece klasik seperti Affandi, Le Man Fong, karya Raden Saleh hingga yang modern kontemporer yang sedang menjadi trend di kalangan eksekutif muda dunia.

Misi GAC sederhana saja, ungkap Jimmy, yang sehari hari beraktifitas di bidang pasar modal ini.

“Harapan saya dengan pameran ini bisa menjadi inspirasi bagi seniman Indonesia untuk terus berkarya dan sekaligus menciptakan standar baru dalam dunia seni di Indonesia,”ucap Jimmy.