Kapsul Waktu: Rida, Sita, Dewi

Oleh: Giatri (Editor) - 23 January 2018

Naskah : Giattri F.P, Foto : Image dynamic

 

Bagi para pecinta musik Indonesia tahun 90-an, nama Rida Sita Dewi (RSD) tentu sudah tak asing lagi. Untuk mengobati kerinduan akan lantunan suara merdu mereka, grup musik asal Bandung yang beranggotakan Rida Farida, Indah Sita Nursanti, dan Dewi Lestari ini beberapa waktu lalu mengajak para penikmat seni di Auditorium Galeri Indonesia Kaya untuk bernostalgia dalam acara bertajuk “Kapsul Waktu”.

 

Dalam acara berdurasi sekitar 60 menit ini, grup musik yang telah memproduksi empat album sejak tahun 1995 hingga 2003 ini membawakan sekitar 10 buah lagu hits mereka dari album Antara Kita, Bertiga, Satu, dan The Best of Rida Sita Dewi. Deretan lagu seperti Masih Ada, Datanglah, Kepadamu, Terlambat Bertemu, Langit Amat Indah, Ketika Kau Jauh, SBDLK, Kusadari, Cintaku Cintamu, dan Antara Kitasukses mengajak para penikmat seni yang hadir untuk bersenandung bersama.

Kapsul Waktu ini menjadi ajang reuni group yang kini telah berkarier secara terpisah. Rida aktif sebagai guru vokal dan bernyanyi solo. Sita aktif terlibat pertunjukan teater dan serial televisi. Dewi aktif sebagai penulis buku dan pencipta lagu. Kendati demikian, ketiga anggotanya masih terlihat kompak tampil di atas panggung dengan pakaian batik yang memesona.

“Sore ini menjadi jawaban bagi pertanyaan yang sering ditanyakan pada kita, ‘Kapan RSD nyanyi bareng lagi? Kangen sudah lama gak lihat RSD di ataspanggung,’ dan pertanyaan senada yang sering kita dengar. Senang sih bisa tampil di Galeri Indonesia Kaya sebagai grup, bukan personal seperti biasanya. Semoga para penikmat seni yang hadir juga sama senangnya seperti kami yang tampil sore hari ini,” ungkap Sita yang diiyakan oleh Dewi dan Rida.

Selain dihibur oleh lantunan RSD, Tawa penikmat seni di Auditorium Galeri Indonesia Kaya pun kerap pecah melihat RSD yang akrab dan saling melemparkan lelucon.

RSD memutuskan bubar sekitar tahun 2000-an karena kesibukan masing-masing personelnya. Namun, ketiganya kembali bekerjasama menyanyikan lagu Langit Amat Indah untuk album film soundtrack Perahu Kertas karya Dewi Lestari.

“Lagu-lagu dari para musisi Indonesia tahun 90-an memang meninggalkan kesan mendalam dengan banyak cerita yang menyertainya dan membuat kita sering kali rindu untuk menyaksikan mereka tampil kembali di atas panggung. Untuk itu, Galeri Indonesia Kaya menghadirkan RSD yang menjadi salah satu ikon musik Indonesia tahun 90-an dan menghibur para penikmat seni dengan karya-karya mereka yang dirindukan,” tutup Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.