Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata

Oleh: Iqbal Ramdani () - 02 January 2018

Naskah: Iqbal Ramdhani, Foto: Istimewa

 

Tahukah Anda bahwa perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih, terutama kehadiran smartphone dapat berakibat buruk terhadap kesehatan mata? Terutama kelelahan pada mata karena efek dari cahaya yang ditimbulkan. Apalagi adanya fitur-fitur menarik pada smartphone yang terkadang membuat kita betah berlama-lama bermain dengan smartphone masing-masing, bahkan hingga lupa waktu tanpa mempedulikan kesehatan mata.

 

Ya, menjaga kesehatan mata itu memang tidaklah mudah, apalagi jika kita sendiri tidak pernah menyadari dampak yang ditimbulkan dari cahaya, baik itu cahaya yang dikeluarkan dari smartphone maupun cahaya lampu. Untuk itu dr. Gitalisa Andayani, Sp.M(K), Humas Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami), menyarankan untuk mengatur pencahayaan di dalam rumah. Menurutnya pencahayaan yang baik adalah pencayahaan yang merata, kemudian iluminasinya optimal jadi tidak selalu berarti maksimal karena jika terlalu terang akan silau dan kalau terlalu redup itu akan susah untuk melihat objek, itu semua harus optimal agar sinar itu tidak berkembang dalam artian tidak ada efek flickernya. Mata adalah organ yang sangat berharga. Oleh karena itu, kesehatan mata juga harus mendapatkan perhatian yang lebih.

 

Jangan sampai karena untuk kesenangan kita terhadap gadget atau smartphone, sehingga melupakan hal yang begitu penting yaitu kesehatan mata. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata dan memaksimalkan fungsi penglihatan kita, yaitu salah satunya dengan melakukan kegiatan di luar ruangan seperti naik sepeda, berenang, itu semua dilakukan untuk menghindari melihat gadget dengan jarak dekat karena hal ini dapat mengurangi eye screen, terutama pada anak yang susah untuk melepaskan gadgetnya.

 

Pada dasarnya mata anak-anak itu masih berkembang, jika anak terlalu banyak akomodasi maka secara teoritis akan terjadi perubahan struktur mata dan merangsang timbulnya rabun jauh (miopia). Sinar matahari juga sebenarnya sumber penglihatan kita yang optimal, karena mempunyai efek non visual yang mempengaruhi proses hormonal, termasuk untuk pertumbuhan mata normal lebih bagus.

 

Pentingnya Memeriksa Mata  Ke Dokter

Selain itu memeriksakan mata juga sangat penting. Entah itu untuk usia lanjut, muda, pria, wanita harus rutin memeriksakan mata ke dokter spesialis mata setidaknya 2 tahun sekali agar penglihatan selalu sehat dan terlindungi. Orang dewasa yang sudah berumur lebih dari 40 tahun bahkan disarankan untuk memeriksakan mata setahun sekali.

 

Hal ini berguna untuk mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan penambahan usia, seperti glaukoma dan katarak. Bahkan pada usia antara 6-12 bulan, mata anak sudah harus diperiksa untuk mendeteksi masalah penglihatan yang mungkin dapat mempengaruhi kemampuan belajarnya. “Untuk kebiasaan memeriksa mata memang masih rendah, kami belum pernah melakukan survei secara nasional, tapi beberapa penelitian sporadis yang kami lakukan rata-rata 15% bahkan untuk kelompok yang beresiko tinggi seperti penderita diabetes,” ujar dr Gitalisa saat ditemui majalah Men’s Obsession.