Galakkan Transaksi Online Bank BTN Rangkul UMKM

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 29 September 2017

Galakkan Transaksi Online Bank BTN Rangkul UMKMNaskah: Giattri F.P., Foto: Dok. Bank BTN

Sejak 2015 lalu, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk fokus ke arah digital banking. Berbagai kebijakan dan program pun digulirkan. Salah satu wujud nyata, bank berkode emiten BBTN itu merangkul para pelaku Unit Usaha Kecil Menengah (UMKM) yang dibina Balai Ekonomi Desa (Balkondes) untuk Go Digital.

 

Hal ini juga sejalan dengan misi Pemerintah yang menargetkan 6 juta UMKM untuk Go Digital dan pengembangan potensi ekonomi sesuai dengan peta jalan sistem perdagangan elektronik yang tercantum di Perpres No 74/2017.


“Balkondes BTN di Karanganyar menjadi ruang bagi para pengrajin tidak sekadar unjuk gigi, tapi juga mendapat edukasi untuk berkembang di era ekonomi digital saat ini,” ungkap Direktur Utama Bank BTN, Maryono di sela-sela acara kunjungan Menteri BUMN, Rini Soemarno di Balkondes BTN, Borobudur, Jawa Tengah kemarin.


Pelaku UMKM yang dibidik Bank BTN lewat Balkondes di Karanganyar adalah para pengrajin gerabah yang memang menjadi ciri khas desa tersebut. Setidaknya ada 80 pengrajin gerabah yang dibina. 


Para pengrajin diberi pelatihan bagaimana memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung pemasaran produk mereka ke seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia.


Pelatihan tersebut meliputi pembukaan akun e-dagang atau e-commerce, menciptakan nilai tambah pada produknya mengisi gerai online dengan foto produk yang layak jual, kemasan menarik, dan sebagainya di situs penjualan online atau e-commerce. “Pelatihan ini diharapkan bisa mendorong pengrajin lebih aktif berjualan via online, sebab saat ini kontribusi transaksi e-commerce UMKM masih sangat rendah,” ujar Maryono.