Bintang IIMS 2016

Oleh: Syulianita (Editor) - 20 May 2016

Naskah : Sahrudi, Foto : Sutanto

 

Usai sudah perhelatan “Indonesia International Motor Show” (IIMS) 2016 yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada tanggal 8 hingga 17 April 2016. IIMS 2016 yang diselenggarakan oleh PT Dyandra Promosindo mengusung tema The Essence of Motor Show , yaitu kombinasi pameran yang memadukan unsur bisnis dengan beragam budaya otomotif.

 

Tentu saja, dari perhelatan sepekan itu, muncul mobil-mobil dengan berbagai kategori tertentu yang menjadi perhatian para pengunjung. Sebutlah itu mobil-mobil yang menjadi bintang pameran bertaraf internasional, dan Men’s Obsession sebagai media partner dalam acara tersebut mencatat sejumlah mobil-mobil bintang tersebut.

Pabrikan mobil Mercedes-Benz, unjuk gigi dengan 10 kendaraan jenis passenger car yaitu C-Class (C 250 Exclusive), CLA-Class (CLA 200 Shooting Brake dan CLA 200 Sport), E-Class (E 400 Estate AMG dan E 400 AMG Dynamic), S-Class (S 400 L Exclusive), ML-Class (ML 400), The New GLC, GLA-Class (GLA 200 Sport) dan GL-Class (GL 400).

 

“Suatu kebanggaan bagi kami untuk kembali ikut serta dalam IIMS 2016 sebagai salah satu pameran besar di dunia otomotif Indonesia. Keikutsertaan kami di IIMS tahun ini merupakan komitmen untuk terus mengambil peran dalam memajukan industri otomotif di Indonesia, serta memperlihatkan secara langsung kepada publik luas jajaran kendaraan terbaru dan terbaik kami saat ini,” ungkap Roelof Lamberts, Sales and Marketing Director for Passenger Car Mercedes-Benz Indonesia.

 

Sementara PT Nissan Motor Indonesia (NMI) melepas produk limited edition, Nissan New X-Trail Ultimate yang menjadi andalannya. Inilah X-Trail dengan inovasi baru yang menguatkan karakternya sebagai SUV premium dan produk ini hanya dipasarkan 86 unit.

 

Dengan penambahan front xtremer kit, side under cover, rear under cover dan sporty exhaust finisher, menjadikan SUV ini tampil lebih macho. Produk ini juga dilengkapi dengan new head unit HD touch screen 8 inch yang dilengkapi dengan fitur DVD, sistem navigasi dan Bluetooth.

Lain lagi dengan PT Garansindo Inter Global  yang menawarkan mobil “Luxury Family Crossover” Dodge Journey. Ada sensasi kenyamanan mobil premium 7-seater family crossover dengan tampilan dan desain khas Amerika ini plus pelayanan purna jual terbaik dari Garansindo.

 

Dodge Journey dilengkapi dengan mesin 2.4 liter 16-valve dan transmisi otomatis 6-percepatan yang menghasilkan 173 tenaga kuda @6.000 rpm dan torsi 225 Nm @4.000rpm. Untuk memastikan kenyamanan pada semua penumpang, Dodge Journey dilengkapi dengan serangkaian fitur canggih seperti layar sentuh 8.4-inci dengan Uconnect yang merupakan ukuran terbesar dikelasnya dan memiliki pengaturan audio (CD/DVD/MP3/Radio), dual-zone climate control, GPS Navigation, koneksi Bluetooth ke perangkat elektronik untuk memutar lagu maupun menerima dan melakukan panggilan telepon.

 

Dan, dari semua mobil yang dipamerkan di IIMS 2016 ini, ‘bintang’ yang paling cemerlang masih diraih pabrikan Toyota dan Honda. Di ajang ini, Toyota Sienta didaulat sebagai "Best Buy Car" dan Civic Turbo menjadi "Best Car of the Show".

Sienta merupakan model terlaris kedua Toyota Astra Motor (TAM) berdasarkan jumlah pemesanan unit. Mobil yang disebut Multi Activity Vehicle (MAV) ini hadir dan didesain untuk memanjakan segala aktivitas penggunanya, yang tidak hanya fungsional tapi juga memiliki desain yang modern dan dinamis.

 

Selain itu, Toyota Sienta juga dilengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi seperti power sliding door, dive-in seat, serta transmisi CVT. Toyota Sienta yang diproduksi di Indonesia dibuat sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik pasar di tanah air. Meski memiliki kapasitas 7 penumpang, kendaraan ini memiliki gaya yang berbeda dari MPV pada umumnya.

Sienta juga menawarkan life style yang unik serta teknologi tinggi sehingga cocok untuk kebutuhan market di Indonesia yang semakin berkembang.

Selain eksteriornya yang lebih stylish dan modern, Sienta merupakan mobil dengan performa yang baik dan mampu memberikan kenyamanan berkendara.

Sienta disebut Toyota sebagai yang terbaik di kelasnya dalam hal noise, vibration, ride comfort, handling stability, dan brake performance untuk di kelasnya. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi CVT 7 speed transmission yang juga pertama di kelasnya. Dilengkapi power sliding door dan dive-in seat, Sienta menawarkan desain yang stylish dan kenyamanan berkelas bagi penggunanya.


Sienta yang hadir dalam 4 grade yaitu E, G, V, dan Q akan menyandang mesin teknologi baru NR Engine yang juga merupakan generasi terbaru engine modern yang dibuat oleh anak bangsa.

 

NR Engine menggunakan bahan alloy sebagai salah satu material utamanya, yang membuat mesin ini menjadi sangat ringan. Selain itu, NR Engine pada Toyota Sienta juga dibekali teknologi Dual VVT-i yang canggih, membuat mesinnya memiliki kombinasi yang apik antara tenaga dan efisiensi, serta ramah lingkungan.


Engine Sienta diproduksi secara lokal di Indonesia di TMMIN Karawang Plant 3 yang baru diresmikan pada 7 Maret 2016. Pabrik ini merupakan salah satu pabrik engine paling canggih milik Toyota di dunia.


Toyota Sienta dikembangkan sesuai dengan karakter dan kebutuhan masyarakat Indonesia. Beberapa spesifikasi pun disesuaikan dengan kondisi geografis di Indonesia. Salah satunya, ground clearance yang dibuat lebih tinggi menjadi 170mm atau 25mm lebih tinggi dari ground clearance Toyota Sienta di Jepang. Mobil dijual seharga Rp 230 juta sampai Rp 295 juta.

Lalu bagaimana dengan Honda Civic Turbo? Inilah mobil Honda Prospect Motor (HPM) dengan bantuan tenaga induksi yang memang dirancang untuk membawa gairah baru. Tak heran kalau produk asal Jepang itu dinobatkan sebagai mobil terbaik di IIMS.

Honda Civic Turbo. All New Honda Civic menggunakan mesin 1.5L VTEC Turbo dengan teknologi Earth Dreams. Mesin ini menghasilkan peningkatan besar pada tenaga dan torsi dengan tenaga maskimal 173 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 22,4 kg.m pada 1700 - 5500 rpm, yang terbesar di kelasnya.

Transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology mampu menghasilkan keseimbangan antara mesin yang responsif dari putaran rendah dan bertenaga di putaran tinggi.

Rasa berkendara sporty didukung dengan fitur paddle shift yang memberikan sensasi racing untuk mengatur perpindahan transmisi 7 kecepatan hanya dengan menggunakan ujung jari. Kelincahan dan stabilitas berkendara dalam berbagai kecepatan dihasilkan lewat penambahan fitur Dual Pinion Electric Steering Power (EPS).

Sementara Efisiensi bahan bakar All New Civic didukung fitur ECON yang secara otomatis mengatur kerja mesin dan fungsi-fungsi lainnya untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar. Fitur ECO AssistTM membantu memberikan petunjuk kepada pengemudi untuk menghemat bahan bakar saat berkendara, dimana gaya pengendaraan akan diukur dan hasilnya ditampilkan secara real time pada indikator warna yang berubah menjadi hijau sebagai indikasi konsumsi bahan bakar yang efisien.


Mesin ini menghasilkan kinerja yang lebih efisien menghasilkan performa yang bertenaga, efisiensi bahan bakar, sekaligus tingkat emisi bersih yang sudah memenuhi standar EURO 4.