Rita Widyasari (Tokoh Peduli Pendidikan & Bupati Kutai Kartanegara) Meningkatkan Kualitas Insan Pendidikan

Oleh: Benny Kumbang (Editor) - 11 May 2016

Naskah: Angie Diyya Foto: Fikar Azmy & Dok. Pribadi

Dia ingin memberikan sarana pendidikan yang baik, karena berharap Kukar bisa menjadi destinasi pariwisata ke depannya.

Menceritakan kisah suksesnya membangun Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, Rita Widyasari seperti tidak ingin terlalu menonjolkan diri. Pasalnya, perjuangan masih panjang dan dia tidak akan pernah lelah bersama rakyatnya untuk terus memperjuangkan Kukar, agar lebih maju dan sejahtera. Salah satu gerbang menuju kesejahteraan adalah lewat pendidikan. Rita menginginkan Kukar menjadi pusat pendidikan di Kaltim, bahkan nasional.


Agar pendidikan berjalan dengan baik, profesi seorang guru harus diperhatikan, demikianlah pendapat Bupati Kukar tersebut. Dia berharap guru dihargai, karena kita tidak akan mungkin berhasil tanpa guru. Itulah sebabnya, penting untuk meningkatkan kualitas guru, demi menjadikan anak-anak didik sukses di masa mendatang.


Dalam visinya meningkatkan pendidikan di Kukar, pembangunan sekolah-sekolah pun menjadi salah satu target pencapaiannya. “Tapi, dengan banyaknya sekolah sarana dan prasarananya jadi tidak maksimal, guru-gurunya tak ada yang mau mengajar di daerah terpencil. Saya kemudian melakukan gerakan pemberian insentif untuk guru yang mau mengajar di daerah terpencil. Syukurlah, akhirnya strategi ini bisa berjalan dengan lancar,” komentar Rita.


Tak sampai di situ, semua guru pun diberikan laptop. Bahkan, bagi yang belum mendapatkan rumah dia pun berusaha memperjuangkan untuk mendapatkannya. Ibu tiga anak ini juga telah menggagas untuk membuat program ‘Satu Guru Satu Rumah’. Program tersebut dibuat mengingat saat ini masih banyak guru di Kukar, yaitu hampir tujuh ribuan guru belum mempunyai rumah.