Ini Dia Lokasi Wisata Nasional Unggulan

Oleh: Syulianita (Editor) - 18 February 2016

Naskah    : Sahrudi/Tsany Atha Zahra
 
Sudah punya rencana trip di tahun 2016? Kalau belum, ada rekomendasi menarik yang bisa dijadikan panduan sebelum Anda memilih tujuan. Mau yang lokal atau internasional, tinggal pilih.
Kita mulai dari destinasi lokal dulu. Menteri Pariwisata, Arief Jahja mengumumkan ada 10 destinasi pariwisata untuk dipromosikan pada 2016. “Kami akan berfokus membangun sepuluh destinasi baru di luar Bali tentunya,” katanya.

Sepuluh destinasi yang ditargetkan pemerintah tersebut adalah Danau Toba, Belitung, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Candi Borobudur, Gunung Bromo, Mandalika Lombok, Pulau Komodo, Taman Nasional Wakatobi, dan Morotai. Memang, ke-10 destinasi ini bukan tempat yang baru. Kita mengenalnya sudah sejak lama. Tapi tentu pemerintah tak asal menyodorkan tempat-tempat indah tersebut kalau tidak ada alasannya.  Tentu saja ada eksotisme baru yang hadir di ke-10 tempat wisata itu selama 2016 ini.


Mengembalikan Kejayaan Danau Toba
Mengembalikan kejayaan Danau Toba seperti di tahun ’80 an adalah sebuah obsesi besar yang kini tengah diwujudkan melalui berbagai upaya di lokasi wisata Sumatera Utara tersebut. Salah satunya dengan digelarnya Festival Danau Toba (FDT) 2015 sebagai Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia pada 19-22 November 2015 lalu. Suksesnya pelaksanaan event rutin yang menjadi magnet wisatawan dunia dan lokal, ini  membuktikan bahwa revitalisasi Danau Toba untuk meraih target 1 juta wisatawan mancanegara bukan sekadar angan. Terlebih eksistensi lokasi wisata ini sangat mendukung.


Danau yang menyerupai lautan ini merupakan salah satu keindahaan yang dimiliki Pulau Sumatra. Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di Asia Tenggra dan terdalam di dunia. Bagi masyarakat setempat, Danau Toba memiliki sejarah magis yang dipercayai sebagai tempat tinggal Namborru (tujuh dewi nenek moyang Suku Batak). Apabila suku Batak akan melakukan upacara di sekitar danau maka mereka harus berdoa dan meminta izin Namboru terlebih dahulu.


Danau Toba dikelilingi oleh hutan pinus yang di dalamnya terdapat beberapa air terjun juga pemandian air panas. Ketinggiannya yang berada 900 meter di atas permukaan laut membuat hawa di sekitar Danau Toba menjadi sejuk. Pemandangan yang indah di sekililing Danau Toba akan membuat pengunjung betah berlama-lama disana.
Di tengah-tengah Danau Toba terdapat Pulau Samosir dimana suku Batak Samosir tinggal. Sebuah pulau yang keindahannya belum terjamah oleh tangan manusia. Terdapat dua desa yang sering dikunjungi wisatawan yaitu Tomok dan Tuktuk. Tomok merupakan desa yang memiliki objek wisata menarik seperti Makam Raja Sidabutar, Museum Batak dan pertunjukan tari boneka Sigale-gale yang populer. Berbeda dengan Tomok yang memiliki banyak tempat wisata sejarah, Tuktuk adalah desa di mana terdapat banyak penginapan untuk wisatawan.


Belitung, Gerhana Matahari Total
Pulau Belitung berada di lepas pantai timur Sumatera, diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata. Pantai pasir putih bak mutiara ditemani air jernih serta bentangan formasi batu granit di tepi air dangkal membuat pulau ini mempunyai keindahan yang berbeda dengan pantai lainnya.Beberapa formasi batuan raksasa ini  membentuk terowongan pendek sehingga di bawahnya menjadi spot yang unik dan menarik patut untuk diabadikan. Belitung dikelilingi lebih dari 100 pulau kecil tetapi sebagian besar tidak perpenghuni.


Perairan Pulau Belitung menawarkan kegembiraan bagi penggemar snorkeling.Jika Anda berkunjungke Pulau Nangka Anda dapat melihat hiu dan di Pulau lengkuas Anda dapat berenang  bersama penyu sisik. Selain pantai yang menakjubkan, Belitung juga membanggakan warisan masa lalunya. Di Tanjung Pandan, terdapatMuseum Belitung yang memiliki koleksi mengenai sejarah lengkap pulau tersebut.


Dengan peningkatan fasilitas wisata Belitung terus berbenah. Dan, satu hal yang menarik di tahun 2016, ini adalah fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan terjadi kembali pada 9 Maret 2016. Dimana posisi bulan berada tepat menutupi muka matahari sehingga bumi tak melihat matahari selama beberapa menit. “Gerhana ini akan bergeak dari barat ke timur, dari Sumatera, Bangka Belitung, Kalimantan, Sulawesi, dan Pasifik. Semakin ke timur itu, durasinya semakin lama,” tutur pengajar Astronomi Institut Teknologi Bandung (ITB), Mahesa Putra dalam Seminar Nasional Discover Indonesias Solar Eclipse 2016. Meski fenomena GMT ini dapat disaksikan di sejumlah kota, tapi “yang paling diminati itu adalah Belitung,” tambah Mahesa. Betapa tidak, menikmati GMT di  keindahan alam, dan pantai adalah sensasi tersendiri.


Namun, selain GMT 2016, Sail Karimata menjadi agenda kedua terpenting pada tahun 2016 mendatang. Meski Sail Karimata akan dipusatkan di Kalimantan yang mendatangkan wisatawan dari berbagai negara ke Indonesia, tapi Belitung akan menjadi salah satu tempat persinggahan para wisatawan mancanegara.
 


Tanjung Lesung Menuju ‘International World Class Destination’
Dengan telah ditetapkannya Tanjung Lesung, Banten sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) oleh pemerintah, ada harapan besar menjadikan destinasi wisata paling Barat pulau Jawa, ini sebagai prioritas bagi wisatawan internasional. Bahkan, Presiden Jokowi berharap Tanjung Lesung bisa menjadi International World Class Destination. Langkah awal mewujudkan Tanjung Lesung yang mendunia, sudah dimulai dengan Festival Tanjung Lesung 2015 yang sukses di awal Nopember 2015 kemarin. Penunjukkan kawasan ini sebagai prioritas wisata tentu punya alasan sendiri, khususnya terkait dengan eksotisme wisata pantainya yang jarang tersentuh.

 
Jika Anda berkunjung ke Banten pasti langsung memilih Pantai Anyer atau Pantai Carita. Selain kedua pantai tersebut ada Pantai Tanjung Lesung yang pemandangannya tidak kalah memukau, dengan air lautnya bak danau yang luas dan perbukitan yang tidak begitu curam. Pantai Tanjung Lesung memiliki kesamaan dengan Pulau Dewata sehingga Anda pasti merasa berada di Bali. Hamparan pasir yang luas membuat pengunjung bebas melakukan berbagai kegiatan sepeti bermain pasir, berjemur, dan berolahraga.


Pantai Tanjung Lesung cocok untuk wisata keluarga maupun untuk honeymoon. Suasana tenang dengan hamparan pasir bak permadani diselingi angin sepoy-sepoy. Di Pantai Tanjung Lesung Anda juga dapat menikmati pesona alam bawah laut. Menyelam merupakan kegiatan yang menarik, Anda dapat melihat ubur-ubur dan terumbu karang juga bisa belajar cara mentransplantasikan terumbu karang di lokasi konservasi yang ada di tengah lautnya.


Kepulauan Seribu, Eksotisme di Sisi Metropolitan
Apa tempat paling eksotis di tengah hiruk pikuk kota metropolitan, Jakarta? Jawabannya Pulau Seribu. Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu atau lebih dikenali sebagai Kepulauan Seribu merupakan gugusan kepulauan di Teluk Jakarta. Kepulauan Seribu merupakan kawasan pelestarian alam bahari dengan zona konservasi yang terus dijaga keindahan dan kebersihannya.
Keunggulan dari Kepulauan Seribu adalah wisata alam dan wisata pantai yang masih sangat original dan belum banyak tersentuh tangan-tangan manusia dan juga belum terkontaminasi oleh polusi udara yang banyak terdapat diperkotaan.


Pariwisata di Kepulauan Seribu banyak didominasi dengan jenis obyek wisata laut atau pantai yang sangat indah. Kepulauan Seribu masih kaya akan ciri khas alamnya. Semua obyek wisata di Kepulauan Seribu selalu erat dengan keindahan obtek pantai maupun panorama indah alam bawah laut. Bagi warga Jakarta yang memiliki kesibukkan dan tidak bisa bertamasya jauh, Kepulauan Seribu dapat menjadi pilihan yang menarik. Terdapat enam pulau yang menjadi tujuan wisata dengan sarana dan prasarana yang memadai, yaitu: Pulau Ayer, Pulau Bidadari, Pulau Kotok, Pulau Putri, Pulau Pantara, dan Pulau Sepa. Pulau Tidung menjadi pulau yang mempunyai fasilitas lengkap dan Pulau Pramuka cocok untuk ekowisata serta wisata edukasi.


Pengunjung dapat menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling dan diving. Terumbu karang yang unik dapat Anda jumpai di Kepulauan Seribu. Pulau-pulau di kawasan ini dikelilingi terumbu karang tepian (fringingreef) dengan kedalaman 1-20 meter. Kepulauan Seribu mempunyai pulau yang ditunjuk sebagai pulau suaka alam seperti Pulau Rambut dan Pulau Onrust yang ditunjuk sebagai pulau cagar budaya. Semakin jauh pulau tujuan wisata dari Teluk Jakarta, semakin bersih pula pantai dan laut sekitarnya. Berikut ini adalah daftar pulau-pulau yang sudah dikembangkan menjadi pulau resor.


Candi Borobudur
Candi Borobudur, sebuah bangunan megah yang tersusun dari 2 juta balok batu vulkanik, dipahat sedemikian rupa sehingga ditetapkan sebagai monumen Buddha terbesar di dunia yang memiliki pola kepunden berundak, yang diakui oleh Lembaga internasional dari PBB yaitu UNESCO. Candi Borobudur memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan sehingga menjadi ikon warisan budaya Indonesia. Ansambel relief yang ada di Candi Borobudur merupakan yang paling lengkap di dunia dan tak tertandingi nilai seninya. Candi yang dibangun selama 75 tahun ini  mempunyai berbagai fasilitas seperti  Borobudur Museum, Samudra Raksa Ship Museum dan Visitor Centre & Audio Visual.


Hal menarik lainnya dari Borobudur adalah bukit Manoreh di selatan. Jika Anda melihatnya dengan seksamanampak garis kontur bukit-bukit berbentuk seperti orang tidur seolah Borobudur tampak berdiri tegak di samping "orang tidur". Sebelum masuk ke Candi Borobudur Anda akan dianjurkan untuk memakai sarung. Candi Borobudur juga menjadi tempat wisatawan untuk melihat matahari terbit dan terbenam. Pada Festival Waisak yang diselenggarakan setiap bulan Mei banyak peziarah dan pengunjung datang untuk merayakan kelahiran, kematian, dan pencerahan Budha.

Gunung Bromo
Hamparan lautan pasir luas dengan keberadaan Gunung Semeru yang menjulang, serta munculnya semburat cahaya emas dari langit merupakan perpaduan yang hanya akan dijumpai di Gunung Bromo. Taman Nasional Bromo Tengger yang terletak di Provinsi Jawa Timur sudah menjadi tempat yang wajib untuk dikunjungi oleh wisatawan. Lautan pasir seluas 5.250 hektar di ketinggian 2392 m dpl ini membawa keunikan tersendiri dari Gunung Bromo. Untuk meraih puncak Gunung Bromo Anda dapat berkuda atau melalui tangga dan melihat Matahari terbit.
Sunriseadalah sesuatu yang dicari oleh wisatawan dengan dilatarbelakangi Gunung Semeru yang mengeluarkan asap dikejauhan dan Matahari yang siap naik benderang ke langit. Pemandangan spektakuler akan menjadi pengalaman yang mendalam bagi setiap pengunjung.


Gunung Bromo dihuni oleh masyarakat suku Tengger. Masyarakat di gunung Bromo melakukan festival Yadnya KasadaatauKasodo setahun sekali dengan persembahan tertentu. Ini pun menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang mencintai budaya Indonesia.

Mandalika Lombok
Tempat yang paling unik didunia yang dilindungi keasrian dan keasliannya, Lombok. Sebuah tempat dimana seni dan budaya lokal saling beradu untuk menunjukan kebudayaan Lombok.Pantai yang indah, Gunung Agung Rinjani dan biota laut yang spektakuler menarik untuk dijelajahi oleh wisatawan. Pulau Lombok berada di Nusa Tenggara Barat, merupakan destinasi terpopuler di Nusa Tenggara Barat.


Ombak besar di pesisir selatan sangat digemari oleh wisatawan mancanegara untuk surfing atau berselancar. Berkeliling di sepanjang jalanan ladang padi menggunakan sepeda atau motor juga menjadi daya tarik tersendiri. Senggigi merupakan kota pelabuhan yang menyediakan pemandangan matahari tenggelam berwarna emas yang patut untuk diabadikan.
Pengunjung lain di Lombok memilih untuk menghabiskan waktu mereka di pulau Gili-gilii, pulau tropis terpencil dengan pantai-pantai yang luar biasa indahnya dan lingkungan sekitar yang mewah.
Tidak hanya pantai, tetapi Anda dapat menantang nyali dengan mendaki Gunung Rinjani yang keindahannya sudah tersebar ke seluruh dunia. Begitu tiba di pucak keletihan Anda akan dibayar dengan pemandangan alam Indonesia yang luar biasa. Banyak pula teluk kecil yang bisa Anda jelajahi. Anda juga bisa berjemur dan berselancar di pantai Batu Bolong yang indah. Uji keberuntungan Anda dengan berkunjung ke pacuan kuda di lapangan Salakalas.

 


Pulau Komodo
Bentangan alam nan indah dipadu dengan keberadaan kadal terbesar di dunia hanya bisa Anda temukan di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. Anda akan merasakan pengalaman mengesankan dan tak terlupakan apabila sudah berhadapan langsung dengan hewan karnivora tersebut. Pengunjung akan ditemani jagawana yang sekaligus sebagai pawang untuk melihat Komodo secara dekat. Karena keunikan dan kelangkaannya, Taman Nasional Komodo dinyatakan sebagaia World HeritageSite dan Man andBiosphere Reserveoleh UNESCO tahun 1986. Tidak hanya itu, Pulau Komodo juga memiliki biota bawah laut yang menakjubkan. Anda akan puas snorkling maupun diving karena para penyelam juga mengakui bahwa perairan Komodo adalah salah satu tempat menyelam terbaik di dunia.

 


Taman Nasional Wakatobi, Surganya Penyelam
Salah satu surga bawah laut duniaberada di negaratercintakitayaitu,Taman Nasional Wakatobi yang terletak di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Kabupaten Wakatobi terdiri dari empat pulau utama,yaitu Wangiwangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko. Jadi, Wakatobi adalah singkatan nama dari keempat pulau utama tersebut.
“Wakatobi merupakan tempat menyelam paling indah di dunia.“ - JacquesCosteau (Jurnalis selam dunia).


Perairan Wakatobi memiliki tamu setia yang menjadikan perairan Wakatobi sebagai taman bermainnya, tamu itu tidak lain dan tidak bukan ialah ikan paus sperma (Physetermacrocephalus). Biasanya, kawanan paus sperma berada di Wakatobi pada bulan November, saat belahan bumi lain membeku. Pada bulan tersebut perairan Wakatobi relatif lebih hangat dan berlimpah pakan yang bisa mengenyangkan perut kawanan paus. Tidak hanya itu Wakatobi juga menjadi tempat bermain ikan pari manta (Manta ray) yang ukuran tubuhnya tergolong raksasa. Pari manta merupakan salah satu jenis ikan yang khas dan unik, yang hanya terdapat di perairan tropis. Snorkeling dan diving adalahpilihan yang  tepat untuk menjelajahi keindahan bawah laut Wakatobi. Berbagai biota laut bisa Anda lihat dan apabila beruntung Anda akan bertemu dengan paus sperma dan pari manta.


Morotai
“Mutiara di Bibir Pasifik”, salah satu julukan dari Pulau Morotai yang terletak di utara Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara. Tanpa banyak orang tahu, dengan keindahannya Pulau Morotai menyimpan segudang sejarah dari Perang Dunia II. Dahulu kegiatan militer yang kuat pernah beroperasi di Pulau Morotai, dengan peranannya dalam membebaskan Filipina dari pendudukan Jepang kala itu. Tetapi dengan seilir perkembangan zaman nyatanya hal itu terlupakan.
Terdapat beberapa pantai dengan pemadangan menakjubkan yang diiringi dengan rahasia bawah laut yang penuh misteri. Tidak hanya pantai, Pulau Morotai juga memiliki berbagai peninggalan perang berupa gua persembunyian, landasan pesawat, dan juga kendaraan lapis baja yang masih utuh. Bendamati yang menjadi saksi bisu sebuah perang di masa lalu. *