The Nutcraker in Jazz yang Melegenda

Oleh: Giatri (Editor) - 22 January 2016

Naskah: Giattri, Foto: Edwin B.

Selama ini pertunjukan “The Nutcracker” ditampilkan dalam repertoire ballet klasik, namun untuk pertama kalinya di dunia, Rumah Karya Sjuman menyuguhkan pementasan legendaris di kalangan penari dan penggemar ballet itu dengan bentuk tarian balet kontemporer, musik jazz, dan balutan multimedia bertajuk “The Nutcracker in Jazz”.

“Pertunjukan ini menjadi satu-satunya di dunia, di mana balet bersama iringan musik jazz dan ini sudah standar internasional,” tegas musisi Aksan Sjuman sebagai tim aransemen music.

The Nutcracker in Jazz merupakan hasil aransemen para musisi selama enam bulan yang terdiri dari pengajar, alumni, dan siswa terpilih Sjuman School of Music pimpinan Aksan Sjuman. Sedangkan para musisi orchestra dimainkan Fantasia Orchestra dan Big Band.

“Musiknya sudah masuk dalam jazz kontemporer. Kalau Duke Ellington menghadirkan musik The Nutcracker dalam jazz hanya untuk didengarkan. Kami membawa aransemen untuk ditarikan, ada adegan. Sehingga cukup rumit prosesnya," jelas Aksan.

Menariknya, pada awal pertunjukan terlihat dua orchestra, dapat saling melengkapi satu sama lain, dengan rasa jazz yang kental dan instrumen musik klasik.   

Pertunjukan “The Nutcracker” koreografi aslinya dibuat oleh Marius Petipa dan Lev Ivanov diiringi musik karya Pyotr Illych Tchaikovsky selalu ditunggu-tunggu dan sudah menjadi seperti “menu wajib” untuk ditampilkan semua sekolah ballet di dunia.

Sementara “The Nutcraker in Jazz” untuk soal koreografi dipercayakan kepada koreografer muda, yakni Sekararum Nirmala dan Nabilla Rasul, selain Arya Yudhistira Syuman sebagai koreografer dan pimpinan Ballet Sumber Cipta.  

“Ini bukan sekedar ballet klasik tetapi kontemporer! Kesulitannya, kalau klasik tinggal mencontek gerakan yang sudah dipahami tetapi dalam pertunjukan ini ada sentuhan baru karena aransemennya berbeda. Musik berbeda membuat tarian juga bebeda dan kami berusaha juga untuk bikin yang tidak biasa,” jelas Arya.