Hotel Bintang 4 Ciputra Kini Ada di Cibubur

Oleh: Giatri (Editor) - 21 April 2015
Cibubur dikenal dengan kawasan macet. Kendati demikian, Swiss-Bell Hotel Internasional dan Ciputra Group melihatnya dari kacamata lain karena menganggapnya sebagai peluang bisnis dengan meresmikan Hotel Ciputra Cibubur.

Direktur Utama PT Ciputra Surya Tbk., Harun Hajadi mengungkapkan, potensi wilayah Cibubur sangat bagus. Walau tidak dipungkiri, wilayah ini terkenal dengan kemacetannya, namun demand hotel berbintang cukup tinggi baik untuk hunian, pusat belanja, dan hotel.

“Kalau tidak macet, tidak rame. Ada crowd, berarti ada uang, ada peluang. Cibubur itu sudah menjadi kota tersendiri dengan pesatnya perkembangan yang luar biasa. Saat Ciputra Group masuk tahun 1995, Jalan Transyogie masih belum jadi. Tapi justru itu, karena Cibubur punya potensi, kami berani merintis pengembangan perumahan skala kota,” jelas Harun saat peresmian Ciputra

Lebih lanjut Harun memaparkan macetnya Cibubur jangan dipandang sebagai hambatan. Hotel-hotel eksisting sebelumnya yang dikembangkan Ciputra Group justru berada di "pusaran kemacetan". Seperti Hotel Ciputra Grogol di Jakarta Barat, Hotel Ciputra Simpang Lima di Semarang, Raffles Hotel di Ciputra World Jakarta di koridor Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan, dan Ciputra World Surabaya yang juga dioperasikan oleh Swiss Belhotel International.

Senior Vice President Operations and Development Swiss-Belhotel International, Emmanuel Guillard, menambahkan, tingkat okupansi Hotel Ciputra Cibubur maksimal di atas 75 persen. Hal ini dimungkinkan karena di kawasan Cibubur belum ada hotel representatif yang sekelas.

“Ini akan menjadi satu-satunya hotel yang bisa melayani tamu individu, bisnis, dan perusahaan lengkap dengan ruang pertemuan yang bisa dimanfaatkan oleh lebih dari 400 orang,” tandas Guillard.

Hotel ini merupakan hotel ke 4 Grup Ciputra yang dikelola oleh Swiss-Belhotel International dan hotel ke 9 yang dikembangkan oleh Grup Ciputra. Fasilitas akomodasi berklasifikasi bintang empat ini, dirancang sebanyak 107 kamar dengan tipikal kamar business suites, deluxe business suites, dan ececutive business suites.

Hotel ini juga menyediakan 4 ruang pertemuan yang dapat menampung hingga 400 orang, klub kebugaran, kamar bebas asap rokok dan kolam renang yang terletak di lantai teratas serta menyajikan pemandangan kota serta dilengkapi dengan kolam renang anak.

Berbagai layanan fasilitas kelas satu yang tersedia di Hotel Ciputra Cibubur diantaranya The Gallery Restaurant menyajikan ragam menu internasional pada hidangan makan pagi prasmanan maupun menu a la carte sepanjang hari. The Lounge and Bar merupakan tempat yang tepat untuk mengadakan pertemuan bisnis maupun untuk menikmati saat bersantai bersama teman dan kerabat, menampilkan ragam pilihan minuman teh, kopi, ragam kreasi minuman, cocktails, wine dan menu hidangan ringan.

Pembangunan Hotel Ciputra Cibubur dimulai pada tahun 2013 dengan total investasi sekitar Rp 110 milyar, dibangun di atas lahan sebesar 29.139 m2 yang menyatu dengan pusat perbelanjaan, Mal Ciputra Cibubur serta terintegrasi dengan proyek perumahan CitraGran Cibubur.

Chairman dan Presiden Swiss-Belhotel International Mr. Gavin M. Faull pihaknya bangga mengelola hotel yang menawarkan akomodasi nyaman serta pelayanan personal namun profesional ini. “Kami akan terus melanjutkan hubungan kerjasama yang berkesinambungan dengan para pemilik hotel,” pungkasnya.