Internet Sensation Sabina Altynbekova: Muslimah Cantik Keturunan Jenghis Khan

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 02 August 2014
Naskah: Andi Nursaiful, Foto: Istimewa

Di tengah hiruk pikuk Pilpres 2014 dan tensi tinggi para pendukung kedua kubu Capres dan Cawapres di Indonesia, sesosok gadis muda bak bidadari jatuh dari langit tiba-tiba mampu menyedot perhatian luar biasa di dunia maya. Kecantikan alami Sabina Altynbekova seolah menyihir siapa saja yang melihatnya. Dalam hitungan hari, Sabina merajai dunia maya.


Pengelola situs sosial media 9gag.com boleh jadi tak pernah menyangka jika sejumlah foto Sabina yang diunggah ke laman itu pada 16 Juli 2014, sontak fenomenal dan memicu sensasi di dunia maya dalam waktu singkat.

Foto-foto yang diunggah adalah gambar-gambar Sabina saat berlaga di Kejuaraan Voli Asia U-19 di Taiwan, 16-22 Juli 2014, ditambah beberapa foto yang diambil dari akun sosial media Instagram milik Sabina.

Atlet voli berusia 17 tahun ini bertanding membela negaranya Kazakhstan. Jika bukan karena Sabina, mungkin orang di seluruh dunia tak akan pernah tahu bahwa ada ajang kejuaraan voli yang tengah berlangsung di Taiwan.

Foto-foto gadis tinggi semampai berambut hitam panjang dan berponi, ini, memang tampak begitu segar dengan kecantikan alaminya yang polos nan menawan. Tak heran, jika dalam beberapa hari, foto-foto itu mencapai11 ribu lebih buzz di linimasa Twitter (berdasarkan pantauan Topsy pada 22 Juli).

Jumlah perbincangan itu baru di Twitter saja, belum sosial media yang lain, dan berbagai forum diskusi lainnya. Foto-foto seksi itu memang menyebar bak virus hampir di semua media sosial. Blog dan situs berita dari seluruh dunia pun tak mau ketinggalan ikut membahasnya.

Sebuah video di youtube yang diunggah pada 25 Juli 2014, dalam seminggu sudah hampir mencapai 2 juta views! Dalam hitungan hari, di laman Facebook tiba-tiba bermunculan banyak fan pages Sabina, yang memperbincangkan segala gerak-geriknya.

Salah satu fan fages sudah memperoleh ratusan ribu like. Begitu juga dengan blog dan situs yang ‘membajak’ nama Sabina Altynbekova, bermunculan seolah-olah resmi milik Sabina.

Kehadiran Sabina di sosial media sebetulnya nyaris tak ada sebelumnya. Satu-satunya akun sosial media yang ia miliki hanya Instagram, dan sebuah akun sosmed Rusia bernama VK.  Tapi itu tak menghentikan jutaan netizen untuk menjadi follower gadis berwajah ras mongoloid, kelahiran Aktobe, Kazhakstan, 5 November 1996 itu.

Pada Instagram asli Sabina, yakni Altynbekova_20 (angka 20 sesuai nomor kostumnya di timnas Kazhakstan), per tanggal 2 Agustus 2014 jumlah follower meroket menjadi 284 ribu lebih. Bahkan, sejumlah akun palsu di Instagram, Twitter, Facebook, Path, dan berbagai sosial media berhasil memperoleh puluhan ribua follower dalam hitungan hari.

Kepada gadis setinggi 182 cm, seberat 59 kg, itu, para fans umumnya memuji setinggi langit, termasuk dengan melontarkan kata-kata gombal. Sebagian memohon dan mengiba-iba minta di-follow back.

Dengan begitu banyaknya hujan pertanyaan, gadis asal kota Almaty, Kazhakstan, itu, lantas membuat akun @AltynbekovaS, di Ask.fm untuk menjawab pertanyaan. Media sosial ini adalah tempat fans untuk mengajukan pertanyaan anonim. Dari jejaknya, Sabina terlacak aktif membalas sapaan fans setiap malam.

Jawaban-jawaban Sabina, termasuk beberapa yang dijawab di akun Instagram asli miliknya, membuat para pemuja kian tergila-gila setelah mengetahui Sabina belum punya kekasih, dan ternyata seorang muslimah. Terutama dari mereka yang berasal dari negeri berpenduduk mayoritas muslim, termasuk fans dari Indonesia yang tergolong paling banyak.
 
Ketika salah seorang follower memintanya tampil di Rio 2016, ia menjawab pendek, “Yes,  Insya Allah!” Seorang fans asal Indonesia bertanya untuk mempertegas, “Assalamualaikum Sabina, Im from Indonesia. You are so beautiful, i love you! Btw, are you muslim? :).”  Ia merespon dengan jawaban pendek, “Thanks, yes.”

Jawaban lainnya juga menunjukkan kepeduliannya terhadap warga muslim Gaza. “Love Palestine, Allah with you Palestine,” jawabnya, dalam akun ask.fm, Rabu 22 Juli. Jika dicermati, selama bertanding di kejuaraan itu, ia mengenakan kalung dengan bandul ...