Ke mana Milyuner Berpakansi

Oleh: Syulianita (Editor) - 30 June 2014
Naskah : Andi Nursaiful/berbagai sumber Foto : Istimewa

Ke mana para milyuner dunia menghabiskan waktu berwisata? Tatkala uang tak lagi jadi isu bagi mereka, urusan melarikan diri dari rutinitas menjadi hal yang sangat personal. Spot eksklusif, layanan premium, kuliner mewah dengan chef terkenal, yachts dan private jet adalah sebagian indikator pakansi mewah kaum the have.

Eksklusivitas adalah kunci utama dalam liburan para milyuner. Ini berarti mereka tak akan berlibur di lokasi yang disesaki turis, atau menginap di hotel atau vila yang menyediakan banyak kamar. Pilihannya adalah pulau-pulau pribadi, atau estate dan vila pribadi yang harus dipesan jauh-jauh hari sebelumnya.

Menuju ke lokasi pun tak menempuh jalur yang sama derngan turis umum, seperti Montego Bay dan Nassau bagi turis yang hendak ke kawasan Karibia, melainkan datang dengan pesawat jet atau yacht pribadi langsung ke landasan pacu atau dermaga khusus.

Dari Pantai hingga Pulau Pribadi
Salah satu contoh pulau pribadi yang menjadi lokasi hang out para milyuner dunia adalah Necker Island milik Richard Branson di kawasan kepulauan British Virgin. Bangunan vila di pulau resor mewah ini didesain bergaya tradisional Bali.

Para tamu istimewa bisa menikmati kesenyapan eksklusif, baik dengan berenang atau menyelam di kawasan coral reef, atau sekadar menikmati jacuzzi dan bermain golf. Harga sewa properti di Necker Island paling murah USD42,500 per malam, dan maksimal hanya untuk 16 tamu.

Di Kepulauan Bahama, ilusionis kondang David Copperfield punya Musha Cay, sebuah pulau berpasir putih dengan hanya tersedia lima guest house bergaya natural, masing-masing dengan pantai pribadi. Properti mewah di sini terbatas hanya untuk 24 tamu, dengan harga USD37,500 semalam.

Dari Safari Mewah hingga Vila Pegunungan
Alam liar Afrika yang juga menjadi lokasi favorit para milyuner dunia untuk menghabiskan waktu senggangnya. Menurut Stacy Small, pemilik Elite Travel International yang berbassis di Los Angeles, AS, taman nasional di benua Afrika sangat populer di kalangan milyuner dunia.

Mereka umumnya datang ke lokasi menggunakan pesawat pribadi yang mendarat di dekat Safari camp atau Safari lodge mewah. Camp mewah di Cottar's 1920s Camp di Taman Nasional Masai Mara, Kenya, yang hanya menyediakan 10 tenda mewah, biasanya disewa secara keseluruhan oleh seorang milyuner. Pasangan Brad Pitt-Angelina Jolie, perah melakukan itu pada 2009.

Yang lebih eksklusif lagi adalah Cottar's Homestead, rumah besar dengan lima kamar tidur dan teras yang mengarah ke alam liar Afrika. Rumah ini dilayani oleh 8 staf, plus supir safari, chef kelas dunia, dan personil keamanan.

Sebagian milyuner, khususnya asal Rusia, lebih memilih menghabiskan waktu kosongnya dengan bersantai di vila mewah di kawasan pegunungan Alpen di Swiss dan Perancis. Di kawasan Courchevel, Perancis, misalnya, helikopter mengantar para tycoon Rusia langsung ke puncak bukit di mana vila mewah berdiri.

Salah satu yang termewah adalah Chalet Pelerin, sebuah pondokan mewah pegunungan di Le Miroir, Alpen bagian Perancis. Chalet (vila atau pondok kecil) eksklusif dengan sentuhan hig-end lifestyle ini dikelola oleh Eleven Experience, sebuah perusahaan travel khusus untuk kaum milyuner yang menggemari alam liar.

Chalet Pelerin dilengkapi spa kelas dunia dengan steam room, sauna, outdoor hot tub, dan saltwater pool. Tamu juga dilayani oleh seorang ski guide pribadi, chef kelas dunia, bahkan fotografer profesional. Spot lain yang menjadi lokasi incaran milyuner adalah hotel Cheval Blanc yang berada di kawasan wisata ski eksklusif di Perancis.

Dari Yacht Mewah hingga Antartika
Aktivitas hang out wisata kaum milyuner yang juga sudah populer sejak lama adalah berlayar dengan yacht mewah menuju tepi horizon. Yacht yang biasa disewa oleh para milyuner dipatok mulai USD200,000 hingga USD1 juta per minggu.

Tentu bukan perahu layar biasa, melain sebuah mega-yacht yang dilengkapi helipad, water toys, movie theater pribadi, dan sekelompok awak profesional yang akan mengurus segala keperluan. Para milyuner ibaratnya tinggal seminggu di atas mansion atau istana apung.

Salah satu mega-yacht yang populer saat ini adalah Nirvana, yang terdiri dari 6-deck dan memuat 12 tamu. Diawaki oleh 26 kru, Nirvana menyediakan helipad, 3D cinema, full gym, sejumlah jet ski and water ski boat, serta dua vivariums yang berisi sejumlah reptil water dragon dan bearded lizard.

Menyewa Nirvana selama seminggu, para milyuner umumnya berlayar ke lokasi-lokasi eksklusif, seperti pulau pribadi, atau bersandar di Monaco dan menghabiskan uang di meja kasino.

Antartika adalah tempat di Bumi yang hanya bisa disinggahi oleh sebagian kecil orang. Selain ilmuan, hanya orang-orang terkaya yang bisa menghabiskan waktunya di sini. Bedanya, para milyuner datang untuk berlibur di lokasi yang jauh, benar-benar jauh, dari keramaian turis biasa.

Perjalanan wisata mewah ke Antartika memang kian populer di kalangan milyuner dunia dalam beberapa tahun terakhir. Kawasan alam liar di Kutub Selatan ini telah menjadi destinasi elite yang bisa dicapai melalui kapal pesiar pribadi atau jet pribadi.