Yuanita Rohali: Menggapai Sukses Keseluruhan

Oleh: Andi Nursaiful (Administrator) - 12 March 2014
Perempuan kelahiran 28 Juni 1967 silam itu telah mencetak sejumlah prestasi fenomenal yang mungkin membuat iri wanita lain. Pada usianya yang masih tergolong muda, ia menjabat Direktur Keuangan PT Bumi Resoerces Mineral Tbk (BRMS).

Kursi panas itu dicapainya lewat kerja keras dan tantangan yang berliku. Nita pun dipercaya perusahaan hingga ke luar negeri. “Sejak kecil saya ingin berhasil. Rasanya ada kebahagiaan tersendiri bila saya meraih apa yang diinginkan,” ungkap finalis Abang None Jakarta pada 1988 ini.

Karier Nita bermula di Gajah Tunggal sebagai Analyst Programmer, namun tak bertahan lama. Ia lebih memilih meneruskan kuliah dan mengambil Master di Magister Manajemen UI yang diselesaikan pada 1992. Tak lama berseleng, berbekal bea siswa dari AIDAB, ia terbang ke Australia untuk mengambil Master of Commerce di UNSW dengan jurusan Advance Finance. 

Kemudian, diusianya yang ke 26 tahun, Nita menikah dengan Pramono Dewo. Meski begitu, ia tak surut langkah dalam merenda karier. Sembari menikmati perannya sebagai isteri, ia bekerja di Bank Credit Lyonnais Indonesia. “Saya memulainya dari nol sebagai Management Trainee hingga menjadi Head of Corporate Banking,” ujarnya.

Di tahun 2002, Nita mulai bergabung di PT Bakrie & Brothers Tbk. Kariernya pun meroket karena berhasil dalam beberapa aksi korporasi di Bakrie, diantaranya pembuatan Blue Print, Right Issue dan akuisisi senilai USD 5 milyar, restrukturisasi, dan yang terakhir sukses menghantar IPO PT Bumi Resources Minerals Tbk dimana Nita menjabat sebagai Direktur Keuangan sejak Mei 2010.

Sukses sebagai wanita karier lantas tak membuat Nita lupa kodratnya sebagai seorang ibu, di akhir pekan ia selalu menyisihkan waktu untuk mendampingi suami dan tiga buah hatinya.

“Tugas orang tua adalah mendukung keinginan sang anak dan memberikan bekal ilmu, perhatian dan support  terhadap perkembangan si anak,” paparnya

Di sela-sela kesibukannya, Nita bersama putri sulungnya yang juga merupakan penyanyi remaja, Alika dipercaya salah satu perusahaan farmasi multinational untuk menjadi Duta Kanker Serviks.

“Tugas kami adalah memberikan edukasi kepada kaum perempuan, baik ibu dan wanita muda agar dapat memahami mengenai bahaya kanker serviks. Namun tak perlu khawatir akan bahaya kanker ini karena sudah ada vaksinnya,” tuturnya.

Nitagrafi
Nama Lengkap
Yuanita Rohali  Lahir Bandung, 28 Juni 1967 Pendidikan S1 Ilmu Komputer UI, S2 Magister Manajemen UI dan Master of Commerce in Advance Finance University of New South Wales, Australia Karier Direktur Keuangan PT Bumi Resources Minerals Tbk  (2010-sekarang), Komisaris di beberapa perusahaan Bakrie Group Aktivitas lainnya Dosen di MAKSI-UI (2007-sekarang), Duta Kanker Serviks Indonesia  Keluarga Pramono Dewo (suami), Karis Alika Islamadina, Mahesa Mohammad Abhiprama, Kalya Sabina Islamadina (putra-putri)


Dimuat di Majalah Men’s Obsession Edisi Mei-Juni 2011