Direktur Bina Haji Kemenag RI, Arsad Hidayat Memimpin Kegiatan Bimtek PPIH 1445 H / 2024 M.

Oleh: Syulianita (Editor) - 26 March 2024

Kegiatan Bimtek hari ini, Selasa, 26 Maret 2024 diawali apel pagi yang dipimpin oleh Direktur Bina Haji Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), Arsad Hidayat. Arsad memimpin langsung praktek proses layanan haji, mulai dari tiba di bandara, selama berada di Mekkah dan Madinah, hingga armuzna.

"Hari ini kita akan praktek langsung kita akan proses layanan haji, sejak tiba di bandara, Mekkah Madinah, hingga armuzna." ujar Arsad Hidayat didepan ribuan peserta apel pagi Bimtek PPIH Arab Saudi 1445 H /2024.

Setelah itu kegiatan hari ini dilanjutkan dengan gladi posko pra armuzna yang diikuti oleh seluruh peserta bimtek PPIH Arab Saudi. Diharapkan peserta Bimtek untuk mengikuti seluruh prosesi gladi posko.

"Kami berharap proses ini berjalan dengan baik, semua PPIH bisa mengerti tugas dan fungsinya, hari ini adalah gambaran konkret yang akan dialami petugas," tambahnya.

Setelah beberapa hari sudah mengikuti materi teori dari Bimtek PPIH Arab Saudi, para peserta melakukan gladi posko adalah miniatur haji sesungguhnya saat di Arab Saudi. “Meski tidak seperti di sana, kita disini melakukan miniatur Mekkah, Madinah, Bandara, termasuk miniatur Armuzna nantinya,” terang Arsad.

Gladi posko akan berlangsung seharian dengan dimulai simulasi sebelum, armuzna, puncak haji, dan pasca armuzna. Tim panitia telah menyiapkan perangkat seperti bis, tenda, dan lainnya, untuk mendekatkan kondisi seperti kondisi di sana.

Para peserta bimtek diharapkan bisa mengikuti simulasi pelaksana pelayanan ibadah haji dari awal hingga akhir. Gladi posko ini berlangsung seharian dengan dimulai simulasi sebelum, armuzna, puncak haji, dan pasca armuzna. (Mauluddin Lubis)