PKHI akan Jaga Jemaah Haji Indonesia 24 Jam Nonstop

Oleh: Syulianita (Editor) - 23 March 2024

Petugas kesehatan haji Indonesia (PKHI) akan memberikan pelayanan kesehatan maksimal bagi jemaah haji Indonesia. Selama di Tanah Suci, petugas kesehatan haji Indonesia akan menjaga jemaah haji 24 jam nonstop.

"Tim kesehatan haji akan bergabung dengan kloter, ada 3 petugas setiap kloter. Mereka akan mengawal jemaah selama 24 jam. Dari berangkat sampai pulang," terang Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Lilik Mahendro Susilo, dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2024, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Sabtu (23/3).

Lilik menerangkan, tim petugas kesehatan haji sudah bekerja menjaga kesehatan jemaah jauh-jauh sebelum pemberangkatan. Seperti, dengan memastikan fasilitas yang akan digunakan jemaah layak atau tidak.

"Kami tim PKHI memastikan lokasi asrama sudah layak sejak 6 bulan sebelum pelaksanaan pemberangkatan. Kemudian, 1 bulan sebelum asrama digunakan, akan diinspeksi kembali. Satu hari sebelum digunakan akan dilakukan pemeriksaan terakhir," terangnya.

Sebelum keberangkatan, pada saat jamaah haji sudah melunasi biaya, petugas kesehatan melakukan pembinaan kesehatan untuk para jemaah. "Kami akan lakukan manasik kesehatan, selama 8 kali. Akan kami periksa rutin dan pastikan yang berangkat memiliki kesiapan fisik," terang Lilik.

Di Tanah Suci, setiap hari tim PKHI akan minta penyedia catering untuk menyampaikan sampel makanan yang akan disajikan untuk jemaah. Dari PPIH, akan ada petugas dari sanitasi untuk memastikan menu makanan supaya bisa dikonsumsi para jemaah, baik segi rasa ataupun fasilitas. (Mauluddin lubis)