Gus Alex: Petugas Haji Harus Komit Untuk Pelayanan Terbaik Jamaah

Oleh: Syulianita (Editor) - 22 March 2024

Kontributor: Mauluddin Lubis

Bimtek PPIH Arab Saudi 1445 H / 2024 M yang digelar sejak tanggal 18 hingga 28 Maret 2024 ini, menghadirkan berbagi narasumber berbobot, salah satunya Ishfah Abidal Aziz, staf khusus Menteri Agama bidang Ukhuwah Islamiyah, Hubungan Organisasi Kemasyarakatan dan Sosial Keagamaan dan Moderasi beragama.

Dalam pemaparannya, Ishfah Abidal Aziz yang akrab disapa Gus Alex ini mengatakan, pemerintah telah menetapkan fokus layanan haji 2023 dan 2024 akan memberikan prioritas untuk lansia. Ini menjadi tanggung jawab semua petugas haji. Haji ramah lansia bukan hanya tanggung jawab bidang layanan lansia tapi semua petugas haji.

Gus Alex menambahkan, seluruh petugas haji harus memiliki konsen dan kepedulian rasa tanggung jawab untuk memberikan layanan terbaik bagi jemaah haji khususnya lansia. Kesadaran ini perlu dibangun sejak awal untuk memberikan layanan terbaik untuk jemaah haji lansia.

"Kita niatkan ibadah dengan memberikan layanan terbaik untuk jemaah haji indonesia. Tujuan kita tiada lain adalah ibadah. Sejak menginjakkan kaki tanah suci hingga pulang diniatkan untuk ibadah," Gus Alex menegaskan.

Petugas haji juga didorong untuk memiliki rekatan emosional yang kuat dengan sesama petugas saat Bimtek PPIH. Sehingga selesai Bimtek, akan sudah terpola kerja sama dan komitmen tujuan yang sama.

Kendala yang akan dihadapi para petugas haji dimulai saat Bimtek sampai bertugas di Arab Saudi. Kemampuan setiap petugas pasti berbeda-beda, namun jika sudah di lapangan perlu memiliki inisiatif-inisiatif menyelesaikan persoalan yang dihadapi.

Kemampuan kepemimpinan dan pengambilan keputusan pasti berbeda-beda, sehingga hal ini diperlukan analisis juga yang beda. Selain itu, tantangan lain yang akan dihadapi petugas yakni kemampuan fisik menghadapi kondisi cuaca panas di Arab Saudi.