UI CISE Expo Maret 2024 Kolaborasi Dukung Karier Mahasiswa

Oleh: Angie (Editor) - 21 March 2024

Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan UI Career, Internship, Scholarship & Entrepreneurship (CISE) Expo Maret 2024, sebagai event hybrid pertama dan terbesar di Indonesia. Acara ini diadakan untuk membantu mahasiswa mempersiapkan diri memasuki dunia kerja atau melanjutkan studi, dengan melibatkan 161 mitra, termasuk perusahaan, lembaga beasiswa, kewirausahaan, media, perguruan tinggi, dan telekomunikasi.

Plt. Direktur Jendral Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemdikbudristek, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., menyatakan dukungan penuh terhadap acara ini, yang diharapkan dapat membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang dunia profesi sejak dini.

“Mereka tidak hanya belajar melalui kampus, tetapi juga belajar bagaimana situasi dunia kerja agar nantinya siap memasuki dunia kerja. Kompetensi khusunya softskill dibutuhkan di dunia kerja melalui pengalaman-pengalaman profesional, seperti magang dan studi independen yang dilakukan melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” ujar Prof. Nizam.

Ketua Penyelenggara UI CISE Expo, Prof. Dr. drg. Sandra Fikawati, MPH., menjelaskan bahwa acara ini bertujuan sebagai platform untuk menghubungkan mahasiswa, alumni UI, dan masyarakat dengan perusahaan yang membuka lowongan kerja. Selain itu, tersedia pula seminar dan webinar untuk membekali para pencari kerja dalam mengambil keputusan karier.

Acara daring berlangsung mulai 20 Februari hingga 31 Maret 2024, dengan acara utama di Balairung, Kampus UI Depok, pada 8-9 Maret 2024. Peserta dapat menjelajahi booth perusahaan, menghadiri sesi company talk, dan exclusive company session.

Terdapat juga kegiatan menarik lainnya, seperti lomba Stand Up Career Comedy dan penawaran doorprize berupa perangkat elektronik. Fasilitas pengembangan resume juga disediakan untuk peserta.

Para peserta masih memiliki kesempatan hingga 31 Maret 2024 untuk mengunjungi platform uicise.karirlab.co, yang telah menawarkan 477 lowongan pekerjaan. Stephanus Wicardo, Co-Founder KarirLab, menyampaikan bahwa platform ini bertujuan untuk memudahkan proses perekrutan.