Sejumlah Kreator Asal Indonesia Keluar Sebagai Pemenang di TikTok LIVE Fest 2023

Oleh: Angie (Editor) - 30 January 2024

Kompetisi berskala global pertama dan terbesar di dunia yang diadakan, yaitu TikTok LIVE Fest 2023 sukses digelar pada akhir tahun lalu. Acara ini berlangsung di lebih dari 50 negara dan wilayah di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Selama periode kompetisi berlangsung, kreator memiliki kesempatan untuk mengumpulkan hadiah dengan melakukan sesi live, terhubung dengan kreator lainnya, dan menunjukan kreativitas mereka kepada audiens global. Kreator dengan perolehan poin tertinggi dan peringkat teratas akan terpilih sebagai pemenang utama.

Untuk Indonesia sendiri terdapat delapan kreator yang telah dinobatkan sebagai pemenang, yaitu Khalis Setiawan, Tim Trobos Mitos, Rafhael, Kapten ZAN, Sambel Anggun Josss, Vito Sinaga, Dokter Pras, and Hayyaaa. Para pemenang ini akan mewakili Indonesia untuk TikTok LIVE Fest di tingkat global dan akan diundang ke acara offline di Miami, Amerika Serikat, pada akhir Februari 2024 mendatang.

Dua kreator berkesempatan hadir dan berbincang dengan awak media, yaitu Anggun Supriadi merupakan seorang kreator konten TikTok yang dikenal berkat video mukbang makanan pedas, dan dr. Agus Prasetyo, Sp.KFR atau yang biasa dikenal di TikTok dengan panggilan Dokter Pras.

Anggun Supriadi, pemilik akun @anggun_supriadi91 saat ini telah memiliki lebih dari 21,4 juta pengikut di TikTok. Pembawaannya yang lucu dan menghibur membuat ia digemari oleh masyarakat luas.

Berkat kegigihan, konsistensi, dan kreativitas tanpa batas yang terus dihadirkan Anggun melalui siaran LIVE-nya, pada 13 Januari lalu, Anggun meraih gelar TikTok LIVE Best Creator Indonesia. Ini bukan kali pertama ia mendapatkan penghargaan dari TikTok. Sebelumnya ia juga pernah meraih penghargaan sebagai LIVE Creator of the Year pada tahun 2022.

dr. Agus Prasetyo, Sp.KFR merupakan seorang dokter lulusan dari Universitas Diponegoro pada tahun 2001. Ia kemudian melanjutkan pendidikan Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi di Universitas Airlangga pada tahun 2015.

Perjalanan dr. Pras menjadi konten kreator di TikTok dimulai dari kemunculan pandemi Covid-19. Pada saat itu, banyak hoaks yang tidak benar seputar penyakit dan kesehatan. Dokter Pras merasa terpanggil untuk memberikan edukasi kepada masyarakat melalui akun TikTok-nya @this.is.pras.

Hingga saat ini, ia masih menggunakan TikTok LIVE untuk menyampaikan informasi terkini seputar kesehatan, memberikan konsultasi gratis, dan berbagi saran seputar kesehatan. (Arfi)