Pegadaian Syariah Tebar Manfaat untuk Masyarakat

Oleh: Giatri (Editor) - 18 January 2024

Pegadaian Syariah telah menunjukkan semangat luar biasa dalam menebarkan manfaat kepada masyarakat.

Dengan mengusung konsep keuangan yang adil, transparan, dan berlandaskan nilai-nilai Islam, Pegadaian Syariah menjembatani kebutuhan finansial masyarakat Indonesia secara berkesinambungan.

Keberadaannya tidak hanya sebagai lembaga pinjaman, tetapi juga sebagai mitra yang peduli terhadap pemenuhan kebutuhan masyarakat, khususnya mereka yang ingin memanfaatkan layanan keuangan dengan tetap berada dalam koridor syariah.

Pegadaian Syariah yang merupakan unit bisnis dari PT Pegadaian (Persero) menyediakan layanan gadai dengan prinsip-prinsip syariah dalam operasinya.

Beberapa prinsip syariah yang diterapkan dalam Pegadaian Syariah meliputi larangan riba atau bunga, larangan spekulasi, dan keadilan dalam transaksi.

Adapun dalam konteks gadai, Pegadaian Syariah tidak mengenakan bunga pinjaman atau bunga atas gadai. Hal ini karena transaksi yang dilakukan Pegadaian Syariah harus sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Dalam bahasa Arab, transaksi gadai diistilahkan dengan rahn dan al-habs. Rahn artinya tetap dan lama. Sementara, al-habs artinya penahanan terhadap suatu barang dengan hak sehingga dapat dijadikan sebagai pembayaran dari barang tersebut.

Dasar hukum pegadaian syariah telah termuat dalam Fatwa DSN-MUI No. 25/DSN-MUI/III/2002 yang dirilis pada 26 Juni 2002. Fatwa tersebut mengatakan akad pegadaian syariah diperbolehkan dalam Islam.

Di Indonesia, gadai syariah ini dijalankan oleh kantor-kantor Cabang Pegadaian Syariah dan Unit Layanan Gadai Syariah (ULGS).

Lalu, apa saja produk Pegadaian Syariah? 

Produk pegadaian syariah terdiri dari tiga kelompok utama, yakni pembiayaan, gadai rahn, dan tabungan emas. Namun, ketiga kelompok tersebut diklasifikasikan lagi menjadi beberapa jenis.

Dikutip dari laman Pegadaian Syariah, berikut beragam produk Pegadaian Syariah:

Cicil Kendaraan

Pihak pegadaian memberikan pinjaman dengan prinsip syariah kepada pengusaha mikro kecil, karyawan, profesional, dan pensiunan untuk pembelian kendaraan bermotor. Ini berlaku untuk kendaraan baru maupun bekas.

Pembiayaan Porsi Haji

Ini adalah layanan pembiayaan untuk mendapatkan porsi haji secara syariah dengan barang jaminan emas atau tabungan emas. Prosesnya cukup mudah, di mana nasabah hanya perlu menjaminkan emas senilai 3,5 gram 24 karat kepada pihak Pegadaian.

Gadai Emas Angsuran

Produk pegadaian ini memberikan pinjaman dana tunai dengan jaminan perhiasan berupa emas dan berlian. Pinjaman dapat diangsur melalui proses yang mudah dan sesuai prinsip syariah.

Pinjamannya dimulai dari Rp1 juta sampai Rp500 juta. Jangka waktunya pun beragam, mulai dari 12, 18, 24, hingga 36 bulan.

Pinjaman Usaha

Pinjaman usaha memberikan kredit dengan angsuran bulanan yang diberikan kepada UMKM untuk pengembangan usaha. Sistem yang digunakan, yakni fidusia dengan barang jaminan berupa BPKB kendaraan bermotor.

Gadai Sertifikat

Gadai sertifikat adalah pebiayaan berbasis syariah yang diberikan kepada nasabah dengan penghasilan rutin/tetap, pengusaha UMKM, dan petani dengan jaminan sertifikat tanah SHM dan HGB.

Cicil Emas

Cicil emas adalah layanan pembiayaan kepemilikan emas batangan dengan metode cicil. Jaminannya emas 24 karat dan bersertifikat, cicilannya tetap hingga lunas meski harga emas naik, dan mudah dijual kembali.

Gadai Emas

Produk ini memberikan pinjaman secara syariah yang diberikan ke seluruh golongan untuk kebutuhan konsumtif maupun produktif dengan jaminan emas. Prosesnya cukup mudah, di mana nasabah bisa menggunakan berbagai fitur pembayaran sesuai kebutuhan.

Gadai Non Emas

Barang yang digadai nasabah bisa berupa barang elektronik, peralatan rumah tangga, peralatan pertanian, hingga peralatan kerja. Pemberian pinjaman kepada nasabah dilakukan dengan akad rahn.

Gadai Kendaraan

Sesuai dengan namanya, sistem gadai di sini menggunakan barang jaminan berupa kendaraan. Nantinya, barang jaminan yang diserahkan akan dijamin keamanannya dan diasuransikan oleh pihak pegadaian.

Nasabah bisa mencicil dan melunasi pinjamannya sewaktu-waktu. Persyaratannya cukup mudah, yaitu fotokopi KTP/Paspor, menyerahkan kendaraan dengan STNK dan BPKB, dan menandatangani Surat Bukti Rahn (SBR).

Tabungan Emas

Tabungan Emas Pegadaian sendiri adalah layanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas. Produk Tabungan Emas Pegadaian memungkinkan nasabah melakukan investasi emas secara mudah, murah, aman dan terpercaya.

Biaya administrasi dan pengelolaan pada Tabungan Emas lebih ringan. Nasabah juga dapat melakukan transfer ke rekening Tabungan Emas mulai dari 0,1 gram, melakukan pembelian tabungan emas (top up) mulai dari 0,01 gram serta melakukan buyback mulai dari 1 gram.

Gadai Tabungan Emas

Produk ini memberikan pinjaman dengan akad rahn yang diberikan kepada nasabah dengan jaminan emas, baik emas batangan ataupun perhiasan. Proses pengajuannya mudah dan jangka waktunya bisa sampai 120 hari atau lebih.

Pegadaian Syariah juga fokus pada Penyaluran KUR Syariah bagi para pelaku usaha supermikro untuk mendapatkan akses pembiayaan yang dapat dijangkau di outlet-outlet yang tersebar di seluruh Indonesia.

Layanan pemberian pinjaman atau yang dikenal sebagai Rahn, dapat diakses melalui lebih dari 600 outlet Pegadaian Syariah di seluruh Indonesia. Proses pengajuan pinjaman terbilang sangat mudah, dengan prosedur yang cepat dan hanya membutuhkan waktu 15 menit.

Menariknya lagi, produk dan layanan Pegadaian Syariah juga dapat diakses melalui aplikasi Pegadaian Syariah Digital. Dengan aplikasi tersebut nasabah Pegadaian dapat melakukantransaksi melalui gawai pintar layaknya bertransaksi di outlet.

Dengan aplikasi ini kapanpun dan di manapun layanan Pegadaian dibutuhkan, transaksi bisa dilakukan secara efektif dan efisien semudah memiliki outlet pribadi dalam genggaman.

Untuk memanjakan penggunanya, aplikasi Pegadaian Syariah Digital dibekali dengan berbagai fitur unggulan. Mulai dari Booking Gadai Online, Pembukaan Baru Rekening Tabungan Emas Pegadaian, hingga Rencana Emas.

"Pengguna aplikasi Pegadaian Syariah Digital naik 6 persen dari 554 ribu menjadi 589 ribu orang per 31 Desember 2022," ungkap Direktur Utama Pegadaian Damar Latrim.

Damar menggarisbawahi, Pegadaian akan terus melakukan continuous improvement dalam mengembangkan ekosistem emas dengan layanan billion services lantaran kesadaran masyarakat untuk berinvestasi maupun menabung emas semakin tinggi.

Oleh karena itu, sambungnya, sebagai institusi yang mempunyai rekam jejak panjang dalam bisnis emas, perusahaan berkomitmen untuk membantu masyarakat agar semakin kuat ketahanan ekonominya, salah satunya dengan melakukan investasi atau menabung emas.

Dengan segala produk dan layanan yang ditawarkan, Pegadaian Syariah dapat menjadi mitra yang efektif dalam membantu masyarakat mengatasi kesulitan finansial tanpa menimbulkan masalah baru. Dengan demikian, Pegadaian Syariah tidak hanya menjadi penyelamat dalam situasi krisis ekonomi, tetapi juga menghadirkan solusi yang berkelanjutan. Sesuai dengan slogan Pegadaian, “Mengatasi Masalah Tanpa Masalah”.

Foto: Istimewa