The Annual 18th MarkPlus Conference 2024 Membongkar Tren Pemasaran Global

Oleh: Angie (Editor) - 13 December 2023

Gelaran prestisius MarkPlus Conference 2024 sukses meramaikan Jakarta dengan sorotan terhadap inovasi dan tren pemasaran terkini.

Konferensi marketing bergengsi di Asia, MarkPlus Conference 2024 telah digelar bersama antusiasme para pemasar Indonesia. Sebelumnya, hari pertama The Annual 18th MarkPlus Conference 2024 telah dibuka dengan ASEAN Marketing Summit bersama tamu dan peserta dari berbagai perwakilan negara - negara anggota ASEAN di Glass House, The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place, pada 6 Desember 2023.

Mengusung tema Unstoppable Future, MarkPlus Conference 2024 memiliki tujuan untuk mengajak para marketeer dan pebisnis bergerak menuju pemasaran masa depan yang berkelanjutan. Dengan mengusung pentingnya pilar Sustainable Development Goals (SDG’s) melalui penerapan Inner Development Goals (IDG’s), MarkPlus bersama UNICEF dan Indonesia Global Compact Network, serta perusahaan yang hadir di MarkPlus Conference 2024 juga turut mendorong para pemasar masa depan untuk melakukan reformasi bisnis, memahami perubahan yang ada, dan melakukan terobosan untuk memenangkan persaingan yang mengarah pada keberlanjutan, baik lingkungan maupun sosial.

Membuka MarkPlus Conference 2024 hari kedua, Opening Ceremony dimeriahkan kehadiran tamu undangan VVIP yang diiringi oleh Drum Corps Gita Jata Wiratama - Politeknis Transportasi Darat Indonesia - STTD. Dihadiri oleh Prof .Dr. K.H. Nasaruddin Umar, M.A, H.E, (Imam Besar Masjid Istiqlal), Jaroslav DOLEČEK (Ambassador Czech Embassy), Umar Hadi (Dirjen Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri), dan tamu VVIP lainnya.

Hermawan Kartajaya selaku Founder & Chairman MCorp membuka acara tahunan yang ditunggu-tunggu oleh marketing enthusiasts. “MarkPlus Conference 2024 ini membawa tema dan konsep yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Mengangkat tema Unstoppable Future, acara yang mengarah ke sustainability ini memiliki banyak makna baru serta kolaborasi. Salah satu bentuk kolaborasi yang mengarah kepada sustainability yaitu pembelian tiket yang kemarin dijual juga merupakan bentuk donasi tanam pohon, kerjasama dengan Human Initiative. Lalu ada, Uniqlo yang memberikan aktivasi booth drop box untuk donasi baju layak pakai, botol plastik untuk di daur ulang, dan lainnya,” ujar Hermawan.

Ia melanjutkan, “Tanpa kemitraan, kita tidak bisa berbuat apa. Kita tidak bisa menyelamatkan planet ini, kita tidak bisa menyelamatkan manusia, kita tidak bisa menciptakan kesejahteraan jika kita berpikir bahwa kita adalah nomor 1, jika kita berpikir MarkPlus Conference kembali membawakan Indonesia Marketing Convention kedua dengan menghadirkan lebih dari 36 pembicara dari berbagai perusahaan ternama.

Terdapat beragam panel sesi yang terbagi menjadi 7 ballroom, seperti sesi Partner to Prosper bersama ASTRA Financial, sesi Quality-Cost Synergy bersama Telin, Garuda Indonesia, dan Kereta Commuter Indonesia, sesi Reimagining Collaboration bersama Pertamina Lubricants, The Ascott Limited, dan Eiger Indonesia, sesi Ingat Sehat Ingat Kimia Farma yang juga menyertakan aktivasi boothnya pada kegiatan MarkPlus Conference 2024 satu hari full, dan sesi lainnya.

Dihadiri oleh lebih dari 3000 partisipan, MarkPlus Conference mengupas Indonesia Industry Outlook 2024 bersama 10 Ketua Asosiasi dalam Plenary Session, antara lain GAPMMI, APPBI, GIPI, APJII, APRINDO, PERHUMAS, ADUPI, REI, FORUM PEMRED, AISI, APPI, dan IDA.

Rangkaian The Annual 18th MarkPlus Conference 2024 ditutup dengan persembahan dari Kratingdaeng, The Closing Night “Special Performance by NOAH”, yang turut disertakan dengan penampilan dari LSPR, Marlupi Dance Academy, dan peluncuran buku Fandom-Z.