John Hisar Simamora - Direktur Utama PT Elnusa Tbk

Oleh: Ali Akbar Usman (Administrator) - 21 December 2023

CEO Bertangan Dingin

Naskah: Gia Putri Foto: Sutanto

Berkat tangan dinginnya, John Hisar Simamora berhasil membawa PT Elnusa Tbk menjadi salah satu perusahaan jasa energi terkemuka di Indonesia dan tumbuh berkelanjutan. Betapa tidak, Perusahaan jasa minyak dan gas bumi tersebut pada Triwulan III/2023 berhasil membukukan laba sebesar Rp406,6 miliar naik atau 40 persen dibanding periode sama tahun 2022 sebesar Rp290,6 miliar.

Pria yang berpengalaman karier lebih dari 30 tahun di grup Pertamina tersebut mengungkapkan, pencapaian yang dipatri oleh Elnusa merupakan hasil dari kerja keras dan dedikasi seluruh Perwira Elnusa Group, serta strategi yang terencana dengan baik.

“Saya menyadari keandalan proses internal yang dimiliki oleh Elnusa merupakan kunci dari terbentuknya daya saing Perseroan dalam industri. Oleh karenanya, saya juga menekankan program penguatan dalam aspek Manajemen Operasi, Manajemen Pengadaan, Manajemen Pengelolaan

Asset, Manajemen Pengelolaan Keselamatan Kerja, dan Peningkatan Kualitas Penyediaan Barang dan Jasa kepada Klien,” ia memaparkan.

Selain itu, fundamental keuangan yang kuat sangat penting untuk memberikan landasan dalam menjalankan bisnis dengan baik, dan mendukung peluang untuk tumbuh. Oleh karena itu, Perseroan mengimplementasikan beberapa program pengelolaan keuangan, seperti implementasi dan manajemen risiko yang terukur dalam setiap proyek, program optimalisasi biaya dan akselerasi Account Receivable Collection, serta monitoring terhadap covenant dan stabilitas keuangan Perseroan hingga ke unit terkecil.

Dengan adanya tantangan dan hambatan yang dihadapi saat ini, sambung John, sangat penting untuk Perseroan bisa menatap ke depan dan melihat sasaran bisnis yang lebih jauh. “Oleh karenanya, selain tetap berusaha untuk mengoptimalkan portofolio Eksisting, kami juga berusaha menciptakan diversifikasi bisnis dengan kompetensi inti, serta mendorong sinergi dan kolaborasi, baik di tingkat Grup Perseroan maupun di tingkat Grup yang lebih tinggi,” imbuhnya.

Lebih lanjut John menuturkan, Perseroan memiliki 3 bisnis utama, yakni Upstream Services yang bermain di sisi energi hulu, Distribution & Logistic Services yang bermain di sisi energi hilir, dan Support Services yang mendukung jasa-jasa pendukung dengan kedua jasa utama yang disediakan oleh Elnusa.

“Komposisi pendapatan konsolidasi dari 3 segmen bisnis tersebut dikontribusikan dari Jasa Distribusi & Logistik Energi sebesar 55 persen, Jasa Hulu 32 persen, dan Jasa Penunjang 13 persen,” tambah pria yang menjadikan sang ayah sebagai sosok inspiratif dalam hidupnya.

Memanfaatkan momentum kinerja yang cukup stabil pada tahun ini, John menuturkan, Elnusa telah menjajaki beberapa kesempatan bisnis. “Saat ini, Elnusa turut mengembangkan teknologi listrik melalui pilot project Battery Asset Management Services EV 2 Wheel dan penjajakan teknologi Heavy Duty Swapping System. Elnusa juga dalam proses membuat kajian untuk turut serta dalam value chain Carbon Capture Storage dan Carbon Capture Utilization and Storage untuk mendukung program Net Zero Emission,” ujar pria yang hobi berolahraga lari dan golf ini membeberkan.

Dalam menghadapi tantangan ekonomi global, kata John, Elnusa terus berfokus pada beberapa strategi kunci untuk memastikan pertumbuhan dan keberhasilan perusahaan. Pertama, meningkatkan efisiensi operasional melalui optimalisasi proses dan teknologi terkini untuk mengurangi biaya tanpa mengorbankan kualitas layanan.

Sementara untuk menjaga daya saing global, Elnusa menjalin kemitraan strategis dan kolaborasi dengan pemangku kepentingan kunci. “Kerja sama ini memberikan akses kepada kami terhadap sumber daya dan pengetahuan tambahan, memperkuat posisi kami di pasar, dan membuka peluang baru,” terang pria yang pernah menjabat Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Bisnis PT Pertamina Hulu Energi ini.

John mengatakan, Elnusa memiliki rencana dan strategi jangka panjang yang menekankan pada pertumbuhan yang berkelanjutan, yakni dengan melakukan diversifikasi layanan, memperluas pangsa pasar, baik di dalam maupun di luar negeri, dan mengadopsi inovasi teknologi terkini.

“Seperti teknologi digital, kecerdasan buatan, dan analitika data. Adopsi inovasi ini terintegrasi dengan visi kami untuk menjadi pemimpin dalam penyediaan solusi energi terkemuka di Indonesia dan mendukung strategi pertumbuhan jangka panjang perusahaan, termasuk ekspansi pasar dan diversifikasi layanan,“ ungkapnya.

Selain itu, Elnusa tetap fokus pada keberlanjutan lingkungan dan sosial dengan mengintegrasikan praktik-praktik berkelanjutan dalam setiap aspek operasional. Manajemen risiko dan keuangan yang berkelanjutan juga menjadi prioritas utama untuk memastikan pertumbuhan jangka panjang Elnusa.

“Dengan komitmen pada nilai-nilai ini, saya yakin Elnusa dapat memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat, dan menciptakan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan. Kami percaya bahwa melalui investasi berkelanjutan dalam teknologi terbaru, Elnusa dapat terus menjadi pemain utama dalam industri energi,“ tegasnya.

Berbicara soal pengembangan sumber daya manusia di Elnusa, John menerapkan sejumlah langkah untuk memastikan karyawan memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan.

“Karyawan merupakan aset terpenting yang dimiliki oleh Perseroan. Oleh karena itu, Perseroan mengembangkan beberapa program untuk peningkatan kualitas Human Capital di antaranya Program Pengembangan Kompetensi yang terstruktur untuk setiap karyawan; Program Peningkatan Budaya Keselamatan Kerja dan Budaya Perusahaan sesuai dengan Tata Nilai Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif atau (AKHLAK),” ungkapnya.

Menutup pembicaraan, John menuturkan pesan kepada generasi pemimpin muda yang bermimpi untuk mencapai kesuksesan.

“Kesuksesan tidak datang secara instan, tetapi melalui perjuangan, dedikasi, dan konsistensi. Jangan takut untuk mengambil risiko dan mengeksplorasi hal-hal baru. Bangunlah jaringan dan hubungan yang kuat. Lalu, tanamkan nilai-nilai keberlanjutan dalam setiap langkah Anda. Terakhir, jangan pernah berhenti belajar agar tetap relevan di dunia yang terus berubah, salah satunya dengan membaca. Perjalanan menuju kesuksesan penuh dengan tantangan, tetapi dengan tekad dan semangat yang kuat, Anda dapat meraih impian Anda. Selamat berjuang dan teruslah menjadi agen perubahan positif dalam komunitas dan industri Anda,“ pungkas pemimpin yang dikenal egaliter dan transformasional ini.

 

Selengkapnya baca : https://bit.ly/48hF26w