Pengalaman Daniel Mananta Jajal Langsung Teknologi Fuel Cell New Balance

Oleh: Giatri (Editor) - 15 December 2023

New Balance SuperComp Elite v3 merupakan sepatu super baru yang memiliki beberapa elemen desain baru dibandingkan pendahulunya. Bukan hanya sekadar berlari, sepatu ini memang dirancang untuk race.

PT MAP Aktif Adiperkasa distributor merek sepatu global asal Amerika Serikat, New Balance bersama New Balance Run Club (NBRC) membuktikan performa teknologi Fuelcelldi babak akhir Run Your Way Town To Town Planet Sports Run yang digelar pada 10 Desember 2023 di BSD, Kabupaten Tangerang.

Sejalan dengan komitmen New Balance, Planet Sports Run bertujuan untuk mendorong masyarakat menjadi lebih aktif berolahraga dan meningkatkan kesehatan melalui lari. Acara ini juga memiliki konsep unik yang memungkinkan peserta untuk mengumpulkan poin sejak mereka mendaftar, mengikuti berbagai misi menarik yang diberikan sebelum dan selama acara, dan dengan kategori lomba yang mencakup 5K, 10K, dan 21K (half marathon).

Sebelumnya, MAP telah menghadirkan program running bertema Run Your Way Town to Town bersama komunitas lari lokal dan NBRC 1st Anniversary di empat kota, yakni Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Jakarta dan diakhiri Planet Sports Run.

“Pada tahun ini, New Balance kembali berpartisipasi dengan mengadakan beragam aktivitas menarik, serta mengajak para runners untuk merasakan secara langsung (try on) performa inovasi footwear technology, yaituFuelcell,” ungkap Martina Harianda Mutis, General Manager Brand Marketing Sports MAP Active.

New Balance SuperComp Elite v3 merupakan sepatu super baru yang memiliki beberapa elemen desain baru dibandingkan pendahulunya. Teknologi Fuelcell pada Supercomp Elite v3 memang dirancang dengan fokus ganda pada pengembalian energi dan bobot lebih ringan.

Tak hanya itu, sepatu ini juga mengganti platform outsole/underfoot dengan pengembalian energi dinamis dari sistem Energy Arc (pelat karbon). Dilengkapi dengan bagian atas yang berupa rajutan membuat lebih breathable dan dirancang dengan lidah bawaan, untuk kenyamanan dan fit. Bukan hanya sekadar berlari, sepatu ini memang dirancang untuk race.

Salah satu New Balance Running Heroes, Kristo Immanuel yang merupakan lifestyle runner membagikan pengalamannya. Walaupun tergolong pemula, pemuda kelahiran Bogor, 28 Februari 1997 ini berhasil menyelesaikan 5K pertamanya dengan full senyum. “Hari ini seru sekali, aku merasa semakin enjoy saat berlari, ditambah aku menggunakan Fuelcell Supercomp Elite v3yang ringan, midsole empuk, serta breathable, walaupun berlari jarak jauh, kaki tetap nyaman dan tidak gampang berkeringat,” ujar Kristo.

Selain Kristo, terlihat New Balance Running Heroes lainnya yang mengikuti Planet Sports Run, yaitu Daniel Mananta sebagai Active Running Enthusiast dan National Athlete Triyaningsih. Daniel berhasil mencetak New personal record untuk kategori 10KM, yang ia tuntaskan dalam waktu 47 menit 1 detik.

“Karena gw pakai sepatu jagoan gw New Balance SuperComb Elite V3. Thank you juga buat @planetsportrun untuk ngadain race yang rutenya flat banget dan gw bisa last push abis-abisan di ending,” ungkap Daniel di akun instragam pribadinya @vjdaniel (15/12). Sementara, Triyaningsih berhasil meraih juara 3 kategori 10K Female.

Menariknya lagi, New Balance juga menyediakan try on shoes untuk para runners serta refreshment dan juga Quick Hair Wash untuk para runners.

Martina menuturkan, New Balance akan terus mengembangkan berbagai Footwear Technology, seperti Fresh Foam dan FuelCell untuk memberikan pengalaman dan kombinasi sempurna antara kenyamanan dan tampilan stylish. “Kami juga akan terus berinovasi mengadakan program running untuk mendukung berbagai karakteristik lari serta mengajak lebih banyak orang untuk menjalani gaya hidup yang sehat dan aktif,” pungkasnya.

Tips Lari untuk Pemula

New Balance juga membagikan empat tips untuk para pemula yang ingin memulai marathon pertamanya atau sekadar berlari, yaitu pertama persiapan menjadi kunci segalanya dalam mencapai tujuan lari Anda. Tentukan rencana pelatihan, waktu, serta tingkatan lari, dan buatlah jadwal latihan. Kedua, gunakan teknologi seperti technogym (peralatan gym) seperti treadmill/, tentunya akan membantu pendamping pelatihan yang baik serta melatih kemampuan kardio sebelum mengikuti maraton.

Ketiga, penuhi nutrisi selama proses pelatihan. Tidak hanya mengurangi hambatan seperti timbulnya rasa lelah dan kecepatan pengerahan tenaga, hal ini juga dapat membantu menghindari waktu pemulihan yang lebih lama dan hilangnya massa otot. Keempat, tingkatkan pikiran positif dengan meditasi untuk menurunkan tekanan darah tinggi, membantu gejala sindrom iritasi usus besar, dan memperbaiki insomnia, yang semuanya memiliki efek langsung yang jelas saat berolahraga.

 Foto: New Balance