Anies Baswedan - Cak Imin Bakal Safari Natal Hingga Papua

Oleh: Giatri (Editor) - 04 December 2023

Anies Baswedan kerap dituding intoleran dan radikal oleh segelintir pihak yang berusaha memojokkan doctor dari Amerika Serikat ini di pentas politik nasional. Padahal, menilik dari rekam jejaknya selama 5 tahun kepemimpinannya, ia benar-benar menjadikan rakyat Jakarta ada dalam suasana damai. Kini, Anies kembali menepis tudingan intoleran tersebut. Betapa tidak, ia bersama calon wakil presiden pendamingnya, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) akan melakukan safari perayaan Natal di berbagai daerah.

Namun, Captain Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) M. Syaugi menggaris bawahi, kegiatan perayaan Natal bersama pasangan capres-cawapres nomor urut satu tersebut selama masa kampanye Pilpres 2024 ini tak digelar di gereja, melainkan aula atau ruangan terbuka.

Mengingat, Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum jelas melarang kegiatan kampanye politik di tempat ibadah. "Mungkin dalam perjalanan safari, beliau-beliau ini akan memberi tahukan hal-hal baik apa yang sudah dilakukan oleh Pak Anies, bisa door to door. Jadi, tidak di tempat ibadah. Ini kan dalam rangka merayakan saja," ungkap Syaugi di Rumah Pemenangan AMIN, Menteng, Jakarta Pusat (4/12).

Ketua Pengarah Safari Natal AMIN Shephard Supit mengungkapkan, Anies tidak akan melakukan kegiatan kampanye dengan ajakan untuk memilih secara gamblang, melainkan hanya merayakan hari besar keagamaan secara bersama-sama.

Ketua Panitia Safari Natal AMIN Henry Hoesada menuturkan, tema yang diambil dalam kegiatan tersebut adalah Natal damai untuk membawa perubahan.

"Makna natal ini sangat luar biasa. Dan, kita sama-sama ketahui bahwa calon presiden kita, Bapak Anies sangat memerhatikan kepada semua agama terlebih dengan kepemimpinan beliau di Jakarta sudah buktikan bahwa perayaan natal bisa berjalan," ungkap dia.

Safari Natal Sampai Papua

Pasangan bertajuk AMIN tersebut juga akan melakukan safari Natal di  berbagai daerah termasuk ke daerah yang selama ini tak terjangkau.

"Khususnya di Jabodetabek, NTT, Medan, Maluku Tengah, Manado, Yogyakarta, hingga Papua,” papar Henry.

Henry juga bakal memasukkan bakti sosial ke dalam agenda tersebut. Namun, ia menekankan lokasinya bukan di gereja, melainkan di aula atau tempat terbuka lainnya. 

Selain itu Timnas AMIN akan menggandeng relawan dari latar belakang seluruh agama lain sebagai panitia. Khusus untuk wilayah Jabodetabek, Ketua Safari Natal adalah Sekretaris Wilayah DPW NasDem DKI Jakarta, Wibi Andrino.

"Ini adalah satu konsep yang sangat berbeda sekali, kita menggelar Safari Natal AMIN juga diikuti oleh panitia dari agama lainnya, mulai dari Muslim, Buddha, Hindu, Konghuchu, Katolik, hingga Protestan. Semuanya untuk menciptakan salam damai, salam Natal untuk perubahan terjadi," imbuh Henry.

Anies Berikan Izin Bangun Gereja

Selama menjabat Gubernur DKI Jakarta, Anies memberikan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk pembangunan 50 gereja di DKI Jakarta. Selain IMB, Anies juga memberikan Bantuan Operasional Tempat Ibadah (BOTI).

Ketua Panitia Safari Natal AMIN Jabodetabek Wibi Andrino didapuk terlibat aktif meskipun beragama Islam. Wibi mengaku siap menyukseskan Safari Natal AMIN.

Wibi mengungkapkan, Anies memiliki toleransi yang kuat sejak menjadi Gubernur DKI. Ia yakin rekam jejak toleransi yang kuat di Jakarta bisa menjadi tolok ukur untuk diimplementasikan secara nasional.

"Rekam jejak ini tidak terlupakan, semua tergariskan nyata hal-hal yang sudah dikerjakan. Saya bangga dan dengan senang hati terlibat aktif dalam penyelenggaraan ini," pungkas Wibi.