Bintang NBA Kyrie Irving Pakai Keffiyeh, Pro Palestina

Oleh: Giatri (Editor) - 22 November 2023

Bintang NBA dari tim Dallas Mavericks, Kyrie Irving, menunjukkan aksi solidaritasnya terhadap Palestina usai tampil melawan Milwaukee Bucks (19/11/2023).

Dalam laga yang dihelat di Fiserv Forum, Milwaukee tersebut Milwaukee Bucks menang atas Dallas Mavericks 132-125. Irving sendiri sukses mencetak 39 poin.

Dalam jumpa pers pasca-laga, dukungan terhadap Palestina itu ditunjukkan Irving. Ia sengaja datang ke konferensi pers tersebut dengan mengenakan Keffiyeh khas Palestina.

Irving sendiri tak memberikan pernyataan terkait kain Keffiyeh yang melekat di kepalanya. Ia justru terlihat santai memberikan komentar atas beragam pertanyaan yang dilayangkan awak media.

Meski Irving terlihat terang-terang mengenakan Keffiyeh yang dikenal luas sebagai simbol perlawanan dan solidaritas di negara-negara Arab, khususnya di Palestina. Dallas Maverick justru telah mengutarakan dukungan mereka terhadap Israel. Hal ini tentu menjadi pro-kontra, mengingat Irving dan timnya memiliki pandangan yang berbeda dalam mengamati peperangan di jalur Gaza.

"Kami berdiri bersama rakyat Israel dan berdoa bagi perdamaian di seluruh kawasan,” kata tulis keterangan Maverick pada Oktober lalu.

Irving merupakan one of the greatest ball handlers in NBA history. Jadi soal dribble bola dan mengolahnya, kemampuannya sudah tak perlu diragukan lagi.

Ia mematri sejumlah prestasi di NBA, mulai dari NBA champion 2016, 8 kali NBA All-Star, NBA All-Star MVP, All-NBA Second Team, All-NBA Third Team, NBA Rookie of the Year, NBA All-Rookie First Team, NBA Three-Point Contest champion, dan Rising Stars Challenge MVP.

Hal tersebut menjadikan Irving sebagai salah satu pemain penting bagi Mavericks.

Memeluk Islam

Pada 2021, Irving dikabarkan sedang berpuasa Ramadan di tengah permainannya. Setelah itu, dalam konferensi pers dirinya juga telah menyatakan bahwa dirinya sudah memeluk agama Islam.

All Praise is due to God, Allah, for this,” ungkap Irving dalam konferensi persnya.

Foto: Istimewa