Halal Fair Series 2023 Perhelatan Ekonomi Halal Terbesar di ICE BSD

Oleh: Angie (Editor) - 15 November 2023

Berkonjungsi dengan Halal Indonesia International Trade Show (HIITS), gelaran yang bertagline The Most Inspiring Halal Event ini memadukan konsep Business to Customer (B2C) dan Business to Business (B2B).

 

Setelah meraih kesuksesan di Istora GBK Senayan dengan jumlah pengunjung mencapai 33 ribu pada bulan Agustus lalu, Wahyu Promo Citra kembali menggelar Halal Fair Series, kali ini bekerja sama dengan Bank Jago Syariah. Acara ini akan berlangsung pada tanggal 8-10 Desember 2023, dengan skala yang lebih besar di Hall 3-3A, ICE BSD, Tangerang.

Gelaran ini tidak hanya menjadi bagian dari Halal Indonesia International Trade Show (HIITS) tetapi juga memadukan konsep Business to Customer (B2C) dan Business to Business (B2B). Dengan luas area mencapai 10.000 m2, acara Halal Fair & Halal Trade Show 2023 akan diikuti oleh 250 exhibitor dari dalam dan luar negeri, termasuk Malaysia, Palestina, Filipina, Jepang, Arab Saudi, dan Amerika Serikat.

Bagi pelaku bisnis, Halal Fair Series menyajikan kegiatan B2B dalam bentuk rangkaian seminar edukasi bisnis ekspor-impor, workshop, buyers night, hingga business matching. Adapun bagi pengunjung, acara ini menyediakan bazar produk dari berbagai sektor bisnis seperti Food & Beverage (F & B), fashion, travel agent, sekolah, dan buku Islam.

Project Director Wahyu Promo Citra, Satrio Sukur, berharap gelaran ini tidak hanya menjadi ajang promosi produk halal tetapi juga menjadi inkubasi interaksi langsung antara pelaku usaha dengan konsumen. Satrio Sukur menegaskan bahwa Halal Fair – HIITS 2023 diharapkan dapat memperkuat ekosistem halal dan mendukung perkembangan ekonomi halal sesuai dengan Master Plan Industri Halal Indonesia (MPIHI) 2023-2029 yang baru diluncurkan oleh Wapres K.H. Ma’ruf Amin pada Oktober lalu.

“Event Halal Fair – HIITS 2023 ini selain mengkampanyekan produk halal, sekaligus juga menjadi inkubasi bagaimana pelaku usaha produk halal berinteraksi langsung dengan konsumen, mengenali segmen pasar mereka, meningkatkan jejaring bisnis, mempelajari kegiatan bisnis sesuai syariat dalam rangka memperkuat kapasitas dan kualitas produk dan jasa yang berdaya saing global,” ungkap Satrio.

Dalam konteks meningkatnya kesadaran masyarakat Muslim terhadap ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia, Satrio Sukur menekankan pentingnya pelaku usaha produk dan jasa halal untuk proaktif dalam mengakomodasi kebutuhan pasar serta cepat menangkap peluang dan tren yang berkembang.

 

Sebagai bagian dari Halal Fair Series, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) siap memberikan konsultasi dan pelayanan sertifikasi halal secara gratis kepada para pelaku usaha. Jago Syariah turut hadir sebagai partner sponsor yang mendukung perkembangan industri halal di Indonesia. Dalam konteks keuangan syariah, Jago Syariah menawarkan layanan perbankan syariah yang terhubung dengan ekosistem digital Indonesia.

Head of Sharia Financing PT Bank Jago Tbk, Agung Lesmana, menyambut baik komitmen Wahyu Promo Citra dalam menyelenggarakan acara Halal Fair sejak 2019. Ia menegaskan bahwa keterlibatan Jago Syariah dalam acara ini bertujuan mendukung perkembangan ekonomi syariah di Indonesia.

Gelaran ini sebelumnya dikenal sebagai Halal Indonesia Expo (HIEX) pada tahun 2019 dan 2022, dengan total pengunjung mencapai 47.000 orang. Pada tahun ini, acara ini mengalami re-branding menjadi Halal Indonesia International Trade Show (HIITS).

“Dengan mengadopsi teknologi terkini, Bank Jago memiliki tujuan besar untuk memajukan ekonomi dan industri keuangan syariah.  Kami berharap  kegiatan Halal Fair  dapat membantu meningkatkan literasi keuangan syariah dan mendorong konsumsi produk halal lokal, khususnya pada masyarakat Indonesia,” ujar Agung Lesmana.

Bagi pengunjung yang telah menginstal dan memiliki akun di Jago Syariah, tiket masuk gratis. Namun, bagi yang belum, tersedia tiket dengan harga Rp25.000. Halal Fair Series 2023 diharapkan dapat menjadi momentum bagi UMKM lokal untuk tampil dan memberikan solusi yang tepat bagi konsumen serta mendorong pelaku usaha UMKM untuk segera mengurus sertifikasi halal.


Angie