Kreator Pembawa Perubahan Positif di TikTok Meriahkan TikTok Awards Indonesia 2023 Bersama RCTI

Oleh: Angie (Editor) - 27 September 2023

TikTok Awards Indonesia kembali lagi untuk tahun 2023! Ajang penghargaan tahunan ini telah sukses di tahun-tahun sebelumnya dan kali ini akan digelar pada tanggal 12 Oktober 2023. Kolaborasi antara TikTok, destinasi terdepan untuk video mobile berdurasi singkat, dan RCTI sebagai pionir dalam TV awarding di Indonesia akan memberikan penghargaan kepada para kreator Indonesia yang telah memberikan dampak positif di TikTok dan di luar TikTok.

Dengan tema #BigOnTheSmallScreen, TikTok Awards Indonesia 2023 ingin menunjukkan bahwa tindakan kecil seperti mengunggah video kreatif di TikTok bisa memiliki dampak besar. Para kreator telah menggunakan berbagai alat dan fitur di TikTok untuk berbagi inspirasi, menunjukkan bakat, berbagi pengetahuan, dan meningkatkan kesadaran tentang isu-isu penting seperti pelestarian lingkungan.

Karina Mahaya, Senior Marketing Manager, TikTok Indonesia, mengatakan, "Para kreator TikTok di Indonesia terus membawa perubahan positif melalui unggahan mereka di TikTok. Konten video singkat ini juga membawa dampak besar bagi komunitas dan masyarakat Indonesia."

Ada dua kategori besar dalam TikTok Awards Indonesia 2023, yaitu "Public's Vote" yang mengajak penggemar dan komunitas TikTok untuk memberikan dukungan langsung melalui sistem voting di aplikasi TikTok, dan "Judges' Pick" di mana pemenang akan dipilih oleh dewan juri.

Selain itu, ada dua kategori baru, yaitu "TikTok Shop Creator of the Year" untuk para kreator affiliate yang mendukung bisnis lokal di TikTok Shop, dan "Popular Effect of the Year" untuk para kreator di balik efek-efek khusus yang mewarnai kreativitas konten di TikTok. Ada juga kategori spesial "Changemakers of The Year" yang akan menyoroti kreator yang memberikan dampak positif terhadap ekonomi, lingkungan, dan komunitas di Indonesia.

Tiurma Imelda Sinaga, Head of Production Operation RCTI, menyambut kolaborasi ini dengan TikTok, mengatakan, "Kami senang dapat kembali berkolaborasi dengan TikTok untuk menggelar TikTok Awards Indonesia. Sambutan hangat masyarakat Indonesia di dua edisi sebelumnya memotivasi kami untuk mengemas cerita para kreator lewat tayangan yang inspiratif dan menghibur."

Para juri TikTok Awards Indonesia 2023 berasal dari industri kreatif dan hiburan Indonesia, termasuk fotografer ternama Anton Ismael. Anton Ismael mengatakan, "Saya sangat senang bisa dipercaya untuk menjadi salah satu juri TikTok Awards Indonesia tahun ini."