Yaqut Cholil Qoumas (Menteri Agama RI)

Oleh: Syulianita (Editor) - 31 August 2023

Kerja Hebat Melayani Umat

Naskah: Sahrudi Foto: Dok. Pribadi

 

Sejak dilantik sebagai Menteri Agama RI pada 23 Desember 2020, Yaqut Cholil Qoumas telah menunjukkan kinerja yang mumpuni. Baik dalam upaya merawat kerukunan antarumat beragama juga dalam kerangka melayani rakyat. Berbagai apresiasi atas prestasi itu diterima kementerian ini dari berbagai lembaga.

Sementara dalam upaya meningkatkan kualitas kesalehan umat beragama, menurut hasil riset Badan Litbang dan Diklat Kemenag, indeks kesalehan sosial (IKS) masyarakat Indonesia terus mengalami kenaikan signifikan. Survei 2021 menyimpulkan bahwa IKS masuk kategori sangat baik, skor nasional 83,92. “Hasil survei ini menjadi informasi penting bagi pemerintah dan organisasi keagamaan tentang potret kesalehan sosial masyarakat. IKS ini akan diperluas oleh Kementerian Agama dalam bentuk Religiosity Index yang telah menjadi program prioritas sejak dua tahun terakhir,” ucap Menteri Agama yang akrab disapa Gus Men ini.

Sementara dalam soal pelayanan keagamaan yang adil, mudah, dan merata telah dibuktikan dengan beberapa program. Salah satunya program yang mendekatkan Kementerian Agama dengan masyarakat, yakni revitalisasi KUA. “Melalui revitalisasi KUA, saya berharap kantor ini ke depan juga dapat dimanfaatkan dalam pelayanan umat agama lainnya, yakni Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Khonghucu,” katanya.

Sementara dalam soal pelayanan publik, Gus Men telah menerapkan sistem digitalisasi sebagai salah satu program prioritas agar memudahkan akses publik terhadap layanan Kemenag dengan membuat aplikasi bernama ‘Pusaka Kementerian Agama’ . “Ini aplikasi superapps yang diharapkan menjadi aplikasi layanan Kemenag, mulai dari layanan pendaftaran pencatatan nikah, pendaftaran haji, beasiswa pendidikan agama dan keagamaan, serta lainnya. Disiapkan juga beragam konten keagamaan, termasuk kitab suci dan penjelasannya agar mudah diakses umat beragama,” papar Gus Men.

Pelayanan keagamaan yang adil dan merata merupakan langkah Gus Men dalam mewujudkan kerukunan umat beragama. “Di usia kemerdekaan NKRI yang ke-78 ini saya berharap Indonesia terus melaju dan maju. Syaratnya adalah kerukunan umat beragama. Di sinilah peran penting Kementerian Agama. Bangsa ini merdeka dan berdiri atas jasa para pahlawan dari berbagai golongan, suku, dan agama,” urai Gus Men.

Fakta sejarah dan sosial ini, katanya lagi, harus dipahami pemuda Indonesia. “Agar tidak terjebak pada pemahaman ekstrem yang suka mengedepankan klaim kebenaran dan menyalahkan pihak lainnya. Di tangan pemuda-lah Indonesia pada 2045 akan menjadi negara besar dan disegani,” tegas Gus Men yang juga Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor ini.

Kerja hebat Gus Men ini tentu saja membuahkan hasil yang manis. Terbukti sejak tahun 2022 hingga 2023 banyak prestasi Kementerian ini yang mendapatkan apresiasi dari publik. Penghargaan itu antara lain:

◆ Kategori SANGAT BAIK dari Survey Pemetaan Sistem Informasi Kepegawaian Instansi 2022 oleh BKN. (Maret 2022)

◆ Penghargaan “Digital Innovation For Public Service” dari MNC Portal Indonesia untuk Aplikasi Haji Pintar dan website E-learning Madrasah. (31 Maret 2022)

◆ Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian tahun 2021 dari BPK RI. Kemenag berhasil mempertahankan opini WTP enam tahun berturut-turut. (27 Juni 202)

◆ Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Serpong terbaik untuk kali ketiga. (28 Agustus 2022).

◆ Penghargaan Top GPR Award 2022 oleh Government Public Relations (GPR) Institute. (31 Agustus 2022).

◆ Penghargaan dari Kementerian Kesehatan atas dukungan dan partisipasinya dalam melaksanakan kebijakan kerja sama QR Code PeduliLindungi. (31 Agustus 2022).

◆ “Stem Leaders Award 2022” dari Global Educational Supplies & Solution (GESS) Asia. (16 September 2022). ◆ Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Tahun 2021 dengan kategori baik, dari KASN. ( 6 Oktober 2022).

◆ Penghargaan dari Baznas sebagai UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Kementerian Terbaik. (26 Oktober 2022) 

◆ “Nawacita Awards 2022” untuk Menteri Agama kategori tokoh nasional Penguatan Kebhinekaan Indonesia. (28 Oktober 2022)

◆ Penghargaan Museum Rekor Indonesia untuk Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama RI atas penyelenggaraan Tes Inspeksi Visual Asam Asetat dan Pemeriksaan Payudara Klinis terbanyak diikuti. (11 November 2022).

◆ Penghargaan Pengendalian Gratifikasi Tahun 2022 dari Komisi Pemberantasan Korupsi. (24 November 2022)

◆ “Pembina Pelayanan Publik Terbaik” dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (6 Desember 2022)

◆ BWI Awards 2022 dalam kategori “Mitra Wakaf Aparatur Sipil Negara (ASN) Terbaik”. (7 Desember 2022)

◆ Anugerah Meritokrasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara. (8 Desember 2022)

◆ Tempo Ministry Award (TMA) 2022 kategori Pengelolaan Komunikasi Terbaik, Pengelolaan Website Terbaik, dan kategori Pengelolaan Media Massa Terbaik. (9 Desember 2022)

◆ Anugerah MoeslimChoice Award 2022 untuk kategori Good Governance. (9 Desember 2022).

◆ Kategori BEST STARTER HARMONIS hasil survei Kemenpan-RB. (13 Desember 2022)

◆ Survei Badan Pusat Statistik (BPS) merilis indeks kepuasan jemaah haji (IKJH) 1443 H/2022 M. (19 Desember 2022)

◆ Anugerah ‘Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2022’ dari Ombudsman RI dengan nilai 90,28, dan masuk pada kategori A zona hijau dengan opini Kualitas Tertinggi Kepatuhan Standar Pelayanan Publik. (22 Desember 2022)

◆ Predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Kementerian Agama (LKKA) tahun 2022 dari BPK. Predikat opini WTP kali ketujuh yang diterima Kementerian Agama sejak 2016. (25 Juli 2023)

◆ Penghargaan TOP GPR Award 2023 dari GPR Institute, atas prestasi dalam membangun digital public relation. (26 Juli 2023)

◆ Penghargaan dari Pemerintah Arab Saudi sebagai negara pengirim Jemaah Haji terbanyak pada musim haji 1444 H/2023 M. (30 Juli 2023)

◆ Juara 1 Implementasi Nilai BerAKHLAK Harmonis kategori kementerian dari KemenPANRB dan ESQ Group/ Accelerated Culture Transformation (ACT) Consulting International. (3 Agustus 2023).