Rivan A Purwantono - Direktur Utama PT Jasa Raharja

Oleh: Syulianita (Editor) - 23 August 2021

Transformasi Dinamis Membangun Masa Depan Pelayanan Publik

Naskah: Angie Diyya Foto: Dok. Pribadi

 

Ia adalah pemimpin transformatif yang tangguh dalam menghadapi kompleksitas tantangan dalam memimpin perusahaan pelayanan publik, terbukti dari peningkatan kepatuhan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor serta menerapkan inovasi untuk meningkatkan kualitas layanan dan kesadaran keselamatan.

Tantangan dalam memimpin sebuah perusahaan pelayanan publik semakin kompleks seiring perkembangan zaman. Namun, seorang pemimpin transformatif, Rivan Achmad Purwantono, Direktur Utama Jasa Raharja, memiliki tekad dan komitmen yang kuat untuk mampu mengatasi berbagai tantangan demi menghasilkan dampak positif bagi masyarakat dan negara.

Bentuk kepemimpinan yang tangguh ditunjukkan dalam upaya meningkatkan tingkat kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor (PKB). Pada tahun 2022, tingkat kepatuhan hanya mencapai 39%, namun dengan langkah-langkah strategis yang diambil oleh Rivan, angka tersebut berhasil ditingkatkan menjadi 53,68% hingga Juli 2023.

Dalam menghadapi tantangan ini, saya menanamkan mindset kepada seluruh insan Jasa Raharja bahwa pendapatan dari Sumbangan Wajib bukanlah hal yang ”pasti”, melainkan target yang perlu diperjuangkan dengan setiap usaha demi meningkatkan kinerja perusahaan dan pelayanan yang lebih baik. Sebagai jawaban atas tantangan tersebut, saya berinisiatif untuk menggemakan kembali Pasal 74 UU No. 22 tahun 2009 sebagai landasan. Namun, saya tentunya tidak bergerak sendiri, melainkan dalam kolaborasi erat dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk Kakorlantas Polri dan Dirjen Bina Keuangan Daerah,” paparnya.

Ketika langkah ini pertama kali diambil, Jasa Raharja menghadapi berbagai penolakan dari masyarakat. Meskipun begitu, Rivan dan timnya tidak membiarkan hal tersebut menjadi hambatan. Ia memiliki keyakinan kuat bahwa pendekatan ini adalah langkah yang tepat untuk meningkatkan tingkat kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak.

Salah satu langkah konkret yang diambil dengan menginisiasi relaksasi kebijakan pajak daerah. Langkah ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam membayar pajak dan merangkul berbagai pemangku kepentingan, termasuk Korps Lalu Lintas Polri dan Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah. Dalam kolaborasi erat ini, tercipta sinergi yang kuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membayar pajak.

Rivan juga tidak hanya berfokus pada peningkatan kepatuhan masyarakat, tetapi juga memberikan dampak positif lebih luas. Langkah-langkah yang diambil berhasil meningkatkan pendapatan secara signifikan pada tahun 2022, mencapai 6,95% dari tahun sebelumnya. Hal ini tidak hanya memberikan manfaat bagi perusahaan, tetapi juga untuk pembangunan nasional. Tidak hanya dalam hal keuangan, Rivan juga peduli terhadap keselamatan masyarakat. Dengan menginisiasi program redspot atau titik rawan kecelakaan, serta melakukan sosialisasi dan edukasi langsung kepada masyarakat tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas, ia telah berkontribusi dalam mengurangi angka kecelakaan dan meningkatkan kesadaran keselamatan di jalan.

Kolaborasi dan adaptabilitas adalah dua hal yang paling dikedepankan Rivan dalam menjalankan kepemimpinannya. Integrasi dengan berbagai elemen seperti kepolisian, rumah sakit, dan dukcapil, telah meningkatkan kualitas pelayanan Jasa Raharja. Program JR Care dan keberadaan Medical Advisory Board adalah contoh nyata dari inovasi dalam meningkatkan kualitas layanan kepada korban kecelakaan. 

Keberhasilan transformasi digital yang dicapai oleh PT Jasa Raharja di bawah pimpinan Rivan diakuinya bukanlah hasil dari usaha individu, melainkan kolaborasi dan kepemimpinan yang kuat. Rivan mendorong timnya berpikir kreatif, berani mengambil risiko, dan tetap fokus pada tujuan besar perusahaan. Kesuksesan ini juga diakui melalui penghargaan Risk Professionals of The Year yang diraihnya. Penghargaan sebagai bukti nyata bagaimana Rivan telah menjadikan manajemen risiko sebagai fondasi yang kuat untuk pertumbuhan perusahaan. “Dalam momentum semangat kemerdekaan ini, saya selalu memanfaatkannya untuk menginspirasi seluruh insan Jasa Raharja. Pesan yang saya sampaikan adalah bahwa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat merupakan tujuan utama kami. Kami menyadari bahwa sebagai perusahaan pelayanan publik, tanggung jawab ini harus selalu dijunjung tinggi. Tidak hanya itu, Jasa Raharja juga terus melakukan evaluasi secara berkelanjutan. Kami mengidentifikasi aspek-aspek yang dapat ditingkatkan dan hal-hal yang perlu diperbaiki. Dengan tetap adaptif, kami menjalani transformasi sesuai perkembangan zaman, agar kami tetap relevan dan tetap mampu mengikuti perubahan,” terangnya.

Lebih dari itu, ia juga berkomitmen turut serta dalam mewujudkan masyarakat yang sadar akan keselamatan. Ia menyebut pentingnya edukasi dan kampanye keselamatan, terutama terkait asuransi dan perlindungan dalam situasi darurat. Oleh karena itu, inovasi juga menjadi fokus untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Mengadopsi teknologi dan gagasan baru, berupaya memberikan layanan yang semakin baik dan efisien.

Tidak hanya mengutamakan pelayanan, pemimpin transformatif ini juga memiliki wawasan luas tentang peran Jasa Raharja dalam kontribusi terhadap pembangunan nasional. Dia mengungkap pentingnya kontribusi untuk masyarakat dan negara, patriotisme dan solidaritas, serta kemandirian dalam memenuhi kebutuhan negara. “Semua langkah ini kami ambil dengan keyakinan bahwa Jasa Raharja akan terus tumbuh dan berkelanjutan. Kami berkomitmen untuk menjalankan peran kami dalam melayani masyarakat dengan lebih baik dari hari ke hari, seiring dengan semangat pembangunan dan perkembangan yang terus berlangsung. Sesuai dengan tagline kemerdekaan tahun ini yaitu Terus Melaju Untuk Indonesia Maju,” ucapnya menutup wawancara.