Rivanda Idiyanto (Presiden Direktur Kalbe Nutritionals)

Oleh: Syulianita (Editor) - 31 August 2023

Pemikir Strategis dan Komunikator Efektif di Balik Kalbe Nutritionals

Naskah: Angie Diyya Foto: Istimewa

 

“Saya lebih suka memberikan kesempatan yang sama kepada semua orang untuk berkembang dengan mendukung mereka dari belakang atau juga menarik mereka ke atas saat dibutuhkan.”

Dalam dunia bisnis yang seringkali keras dan penuh tekanan serta kompleks, dibutuhkan sosok inspiratif yang mampu memimpin dengan sentuhan pribadi dan tenang. Sosok itu melekat dalam diri Rivanda Idiyanto, seorang pemikir strategis, praktisi bisnis sekaligus komunikator dengan visi luas dan pendekatan yang hangat. Rivanda yang kini memimpin Kalbe Nutritionals, bercerita banyak tentang perjalanan panjangnya melewati lika-liku industri yang pernah dijalani dan ia menemukan esensi kepemimpinan yang mendalam dari berbagai pengalamannya tersebut.

Sebagai Presiden Direktur Kalbe Nutritionals, Rivanda telah membuktikan bahwa kepemimpinan yang efektif tidak hanya ditentukan oleh angka dan strategi, tetapi juga oleh konektivitas manusiawi yang tulus. “Saya pertama kali memulai karier di PT Unilever Indonesia pada tahun 1994 sebagai Management Trainee. Peran demi peran dilalui, saya terus belajar, tumbuh dalam management dan leadership di berbagai industri turunan FMCG, yang penuh tantangan ini,” ujarnya dengan senyuman.

Penyandang Sarjana Teknik dari ITS-Surabaya dan MM/MBA dari IPMI/Monash Australia, ini memiliki pengalaman selama 28 tahun di industri fast moving consumer goods – utamanya produk nutrisi – diantaranya berkarya di leading MNCs, seperti Nestle, Meadjohnson, dan Frisian Flag, yang membuatnya mampu memupuk keterampilan dan wawasan yang tak ternilai. “Hingga yang terkini, saya punya kesempatan luar biasa untuk memimpin Divisi Korporat di Kalbe Nutritionals. Saya percaya bahwa yang membuat seseorang sukses adalah kemampuannya untuk berkembang dengan setiap kesempatan yang ada,” tuturnya lagi.

Berbicara tentang bidang yang ia tangani, pehobi bersepeda balap ini menjelaskan pandangannya tentang masa depan industri nutrisi. Ia menyebutkan, “Pandemi telah mengubah perilaku pasar dengan lebih banyak orang yang sadar akan pentingnya kesehatan. Ini adalah peluang besar bagi produk nutrisi untuk tumbuh dan menciptakan akses pasar yang lebih luas.”

Tak melulu fokus pada bisnis, Rivanda juga menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat Indonesia. “Saya sangat terinspirasi untuk bekerja di garis terdepan dalam meningkatkan taraf asupan nutrisi di negara kita,” katanya dengan penuh semangat. “Relatif masih rendahnya taraf nutrisi masyarakat di Indonesia adalah salah satu faktor yang mendorong saya,” imbuhnya. 

Kepedulian dan profesionalisme serta pengalamannya sebagai petinggi di perusahaan nutrisi ternama menjadikan Rivanda dipercaya sebagai Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Produk Bernutrisi untuk Ibu dan Anak atau APPNIA untuk periode 2018-2021. Bicara tentang kesuksesan, ia yakin sepenuhnya bahwa kunci kesuksesan seseorang adalah keahliannya dalam merangkul setiap peluang yang datang, tak peduli seberapa besar atau kecilnya. 

Selama perjalanan panjang tersebut, Rivanda telah menjelajah berbagai kategori dan industri. Semangat untuk belajar dan berkembang telah membawanya ke sektor makanan dan produk susu, di mana ia juga belajar banyak tentang kepemimpinan, komunikasi, dan membangun jaringan yang solid.

Bukan hanya seorang pemimpin strategis, Rivanda juga dikenal sebagai seorang komunikator yang efektif. Kemampuannya bukan hanya soal rencana bisnis, tetapi juga bagaimana mewujudkan visi bersama dalam perjalanan yang penuh semangat. Ia percaya bahwa menjadi pemimpin yang baik berarti juga menjadi pendengar yang baik. Baginya, mengetahui anggota tim mana yang paling cocok untuk mengerjakan suatu proyek dan memberdayakan mereka adalah kunci sukses dalam kepemimpinan.

Rivanda pun berhasil mempertunjukkan sisi kematangan yang terpancar dari sosok seorang pemimpin inspiratif. Ia tidak hanya mendedikasikan dirinya untuk bisnis nutrisi, tetapi juga untuk memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Ketika berbicara tentang prinsip kesuksesan, penyuka masakan Indonesia ini menyatakan dirinya percaya bahwa kemampuan untuk terus berkembang (growth mindset) adalah kunci utama. Selama 28 tahun terakhir, ia telah terus berusaha mengembangkan diri dan mengasah keterampilan komersial inti. Ia senantiasa berusaha tumbuh dalam berbagai kategori, memperoleh wawasan baru, dan membangun jaringan yang kuat.

Dalam suasana yang hangat, Rivanda Idiyanto membuka pintu kepada kepemimpinan yang menginspirasi dan penuh makna. Dalam dunia yang sering kali keras dan kompleks, ia menunjukkan bahwa sentuhan pribadi dan sikap tenang dapat membawa perubahan yang mendalam dan dampak positif.

Bagi para pemimpin pemula yang ingin mengikuti jejaknya, Rivanda memberikan saran berharga. “Adaptasi dengan cepat, dengarkan kebutuhan konsumen, dan berikan solusi yang tepat. Itulah inti dari kepemimpinan dalam dunia consumer goods. Tak lupa untuk selalu mendengarkan kebutuhan mereka, dan kemudian memberikan produk yang tepat dengan cara yang paling nyaman,” ucapnya bijak.