Sunadi Tan (Presiden Direktur PT Asuransi Allianz Utama Indonesia)

Oleh: Syulianita (Editor) - 31 August 2023

Berkomitmen untuk Pertumbuhan Ekonomi Negeri

Naskah: Angie Diyya Foto: Dok. Pribadi

 

Ia telah menunjukkan kepemimpinan yang tangguh dan inspiratif dalam menghadapi dinamika bisnis dengan komitmen terhadap nasabah, adaptasi terhadap perubahan, dan visi menjadikan asuransi sebagai alat melindungi serta mendorong kemajuan masyarakat Indonesia.

Bisa menolong banyak orang adalah alasan utama Sunadi Tan berkecimpung di bisnis asuransi. Alasan itu selaras dengan prinsip hidup sekaligus komitmennya dalam menjalankan tugasnya sebagai Presiden Direktur PT Asuransi Allianz Utama Indonesia. Dengan prinsip hidupnya itu pula alumni Universitas Tarumanagara, Jakarta ini berkomitmen untuk ikut berkontribusi meningkatkan pertumbuhan ekonomi negeri ini melalui asuransi.

Mengawali karier sebagai seorang auditor, figur yang meraih gelar Master di bidang Administrasi Bisnis dari Universitas Swiss German, ini sempat bergabung dengan kantor akuntan public (KAP) Johan Malonda & Rekan dan KAP Siddharta Widjaja (member of KPMG). Pada tahun 2001, ia mengawali perjalanan di Allianz sebagai staff di bagian keuangan. Dari sana, langkahnya mengantarkannya menuju puncak kepemimpinan. “Sepanjang perjalanan di Allianz, saya banyak mendapatkan dukungan positif dari top management lokal maupun dari Allianz Group,” ungkap Sunadi, menggambarkan momenmomen penting dalam kariernya.

Bagi Sunadi, asuransi adalah lebih dari sekadar bisnis. Ia melihatnya sebagai alat untuk membantu masyarakat mengelola risiko dan melindungi masa depan. “Dengan memiliki perlindungan asuransi, nasabah sudah mentransfer risiko yang dapat terjadi dalam hidup, kepada perusahaan asuransi,” kata Sunadi bersemangat. Ia juga menjelaskan bahwa fokus pada nasabah adalah esensi utama dalam kepemimpinannya. “Nasabah merupakan pusat dari komitmen kami (Customer Centricity), karenanya Allianz menyiapkan produk yang relevan dengan masing-masing segmen untuk memastikan bahwa produk-produk tersebut relevan untuk nasabah kami,” lanjutnya menegaskan.

Dalam era perubahan yang cepat, bagi Sunadi integritas adalah pondasi kepercayaan jangka panjang dari para stakeholder. Sementara keterbukaan, baik dalam menerima feedback positif maupun negatif, adalah langkah penting untuk terus berkembang. Di tengah kondisi pasar yang dinamis, Sunadi memahami bahwa adaptasi adalah kunci untuk tetap relevan. Peran teknologi dan inovasi sangatlah penting, karena mampu meningkatkan produktivitas, menyederhanakan proses operasional, dan juga meningkatkan penjualan produk.

“Di Allianz Utama, kami melakukan berbagai inovasi agar tetap relevan dengan pasar yang terus berkembang, serta untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup terkini masyarakat. Perusahaan telah melakukan beberapa inisiatif, seperti bekerja sama dengan berbagai partner terkemuka, terutama yang memiliki komitmen sama dalam menggunakan teknologi untuk kepuasan nasabah. Tentunya produk atau inovasi yang kami kembangkan mampu beradaptasi dengan tren digital yang bergerak secara dinamis. Dengan demikian, kami di Allianz Utama terus menjajaki kemungkinan untuk memperluas pasar asuransi umum,” paparnya.

Dalam dinamika perubahan global, teknologi dan inovasi memiliki peran sentral dalam bisnis asuransi. Sunadi memandang teknologi sebagai kunci peningkatan produktivitas dan pelayanan yang lebih baik. “Peran teknologi dan inovasi sangatlah penting, karena mampu meningkatkan produktivitas, menyederhanakan proses operasional, dan juga meningkatkan penjualan produk,” ujarnya, dengan keyakinan bahwa inovasi adalah tonggak masa depan.

Terkait dengan pertumbuhan Allianz Utama Indonesia, Sunadi menyampaikan bahwa perusahaan mencatat pertumbuhan positif pada paruh pertama tahun 2023. “Allianz Utama berhasil mencatat pertumbuhan GWP sebesar 14% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya,” tuturnya dengan bangga. Dengan berbagai inisiatif, termasuk peluncuran Tag On yang memudahkan proses penerbitan polis asuransi, Allianz Utama Indonesia terus berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah.

Sunadi menuturkan harapannya agar Indonesia bisa terus melaju dan bertransformasi menjadi bangsa yang maju. “Allianz berkomitmen untuk berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, dengan membantu sebanyak mungkin masyarakat Indonesia melalui perlindungan asuransi, juga memberikan berbagai solusi perlindungan asuransi yang lengkap dan komprehensif. Termasuk mendukung program pemerintah untuk meningkatkan penetrasi asuransi dan literasi keuangan dengan memperluas jangkauan, mempermudah akses, sehingga kami dapat memberikan perlindungan ke lebih banyak masyarakat Indonesia,” pungkasnya.

Tidak hanya sebagai pemimpin yang menginspirasi dalam ruang bisnis, Sunadi juga amat mendukung peran generasi muda dalam membawa perubahan. Ia juga memiliki harapan besar bagi Indonesia. “Saya berharap Indonesia bisa terus melaju dan bertransformasi menjadi bangsa yang maju,” tegasnya. Dengan visi “We Secure Your Future”, ia bersama Allianz Utama Indonesia berkomitmen untuk melindungi masyarakat Indonesia dengan solusi perlindungan asuransi yang komprehensif.

Sebagai penutup, pria yang gemar berolahraga golf ini menyarankan pada generasi muda, carilah pengalaman sebanyak-banyaknya, tapi jangan lupa fokus terhadap tujuan. Ia mengajak para pemuda untuk berani menghadapi tantangan menyongsong perubahan. “Harapan saya, para generasi muda ini tidak hanya mampu berdaya sendiri tapi juga mampu memberdayakan masyarakat sekitar,” ucapnya, meninggalkan pesan inspiratif bagi masa depan Indonesia.