Diskus Ruang Kopi, Asyiknya Menikmati Robusta

Oleh: Syulianita (Editor) - 15 February 2017

Naskah : Suci Yulianita Foto : Sutanto 

 

 

Cafe yang berada di dalam Hotel Verse Lite Pembangunan, Jakarta ini, menawarkan sesuatu yang baru dan berbeda dari kebanyakan coffe shop yang ada, seperti, bahan baku kopi yang asli dari perkebunan kopi di tanah air. Soal rasa, bisa dikatakan juara, apalagi kualitas kopi Indonesia sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di dunia ini, tak diragukan lagi.

 

Dari namanya, jelas bahwa Diskus Ruang Kopi merupakan sebuah tempat untuk menikmati secangkir kopi sembari kumpul bersama kerabat entah itu untuk meeting, diskusi atau hanya sekadar kongkow. Ya, setidaknya itulah konsep awal dibentuknya coffe shop ini.

  

Meski murni hasil karya anak bangsa dengan mengutamakan kopi dari perkebunan Indonesia, namun soal kualitas tak diragukan, berani bersaing dengan coffe shop franchise yang ada di Indonesia. Hal itu lantaran salah satu founder, Argo Baskoro merupakan pakar kopi di Indonesia yang sudah mengabdikan hidupnya untuk kopi selama puluhan tahun lamanya.

 

Tak hanya soal kualitas kopi yang dijual, cafe yang baru beroperasi sejak November 2016 lalu ini, juga dirancang senyaman mungkin. Sehingga benar benar menjadi tempat yang pas untuk Anda bersantai sembari berdiskusi bersama kerabat di tempat ini. Desain interior yang terlihat sedikit ramai dengan grafiti kian memberikan kesan santai, sehingga menjadikan siapapun betah berlama-lama berada di dalamnya, sembari menyeruput secangkir kopi andalan ditemani penganan khas cafe ini.

 

Jika kebanyakan coffe shop yang ada di Indonesia menggunakan kopi Arabica, Cafe ini menggunakan kopi Robusta Timur dan Jawa Dampit. Selain karena kualitasnya yang tak diragukan lagi, Argo memiliki tujuan ingin mengenalkan kopi Indonesia kepada masyarakat. “Saya ingin menjadikan Indonesia sebagai kiblat kopi dunia. Itu salah satu tujuan saya ingin menggairahkan dunia kopi Indonesia di dunia. Ini tradisi kita, budaya kita dari zaman dulu. Dan di sini 95% peminumnya orang lokal, kenapa harus rasa luar yang kita suguhkan,” terang Argo penuh semangat.

 

 

Diskus ruang kopi menyediakan aneka jenis minuman kopi dengan empat jenis minuman yang menjadi signature dan favorit para pengunjung, yakni Join Kopi (Tubruk), Join Kopi Filtered, Paradise, dan Black Clara. Paradise merupakan minuman yang diracik Argo khusus bagi mereka yang tidak terlalu suka kopi. Meski menggunakan kopi dengan kadar lebih banyak dari cappuccino, tapi berkat campuran bahan lainnya, Argo berhasil menciptakan rasa kopi yang tak terlalu kuat. Untuk mendapatkan cita rasa yang berbeda, ada teknik sendiri dalam menyeruput Paradise, yakni diminum perlahan-lahan melalui sedotan dari lapisan paling bawah hingga mencapai lapisan paling atas.

 

Diskus Ruang Kopi juga menyediakan manual brew dengan pilihan kopi dari tanah air, seperti Aceh Gayo, Lintong, Mandailing, Bali Kintamani, Toraja, Flores Bajawa, dan Papua Wamena. Selain itu, tersedia juga aneka jenis kopi lainnya, seperti caramel macciato, caramel latte, hazelnut latte, espresso, americano dan cappuccino. Sementara untuk non kopi, tersedia beragam minuman lainnya, seperti chocolate, red velvel latte, green tea latte, hingga aneka jenis minuman frape.

 

Sebagai pendamping kopi, tersedia pula aneka hidangan nusantara yang lezat, mulai dari penganan ringan, seperti kue cubit oreo, tape bakar, roti goreng isi, dan pisang bakar keju. Sementara untuk main course, di sinilah juaranya masakan nusantara dengan kekuatan rasa di bumbu dan pedasnya masakan yang dijamin akan membuat Anda nagih. Coba saja, nasi goreng halilintar atau nasi ayam sambal matah yang rasa pedasnya begitu terasa namun membuat kita ingin lagi dan lagi.

 

 

Menu lainnya, ada nasi goreng dadar, yaitu nasi goreng yang digulung di dalam telur dadar dengan rasa yang kaya akan bumbu rempah. Selain itu, Spaghetti Tek-Tek yang merupakan menu modifikasi dari menu western dan nusantara ini, juga menjadi salah satu menu andalan cafe ini.

 

Menyasar kelas menengah dengan segmen pasar para mahasiswa dan pekerja kantoran sekitar, Diskus Ruang Kopi mematok harga yang cukup terjangkau, berkisar di antara Rp.20.000,++ sampai dengan Rp.30.000,++ untuk makanan, dan Rp.25.000,++ sampai dengan Rp.35.000,++ untuk harga beverages.

 

Tak cukup puas dengan satu coffeshop yang berada di dalam Hotel Verse Lite Pembangunan, tepatnya di Jalan Pembangunan I No.22-24, Jakarta Pusat, Diskus Ruang Kopi akan membuka outlet barunya di kawasan Mahakam, Jakarta Selatan pada semester pertama 2017 ini